Text
E-commerce vs S-commerce : perbandingan pengaruh relational bonds terhadap consumer engagement pada Live Stream Shopping
Live streaming telah muncul sebagai salah satu kegiatan hiburan yang dapat meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen. Pengguna internet yang sering menonton live streaming dari influencer di media sosial sejumlah 29%, dengan 80% diantaranya cenderung untuk membeli produk tersebut. Meskipun demikian, belum begitu banyak dilakukan penelitian mengenai live stream shopping. Karena terdapat perbedaan sifat antara platform e-commerce dan s-commerce, penelitian ini membandingkan pengaruh relational bonds terhadap consumer engagement via affective commitment pada kegiatan live stream shopping di kedua platform tersebut. Bedasarkan 266 data e-commerce & 210 data s-commerce yang dikumpulkan dari survei online, ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada fenomena di kedua platform tersebut. Pada platform e-commerce, relational bonds berpengaruh terhadap consumer engagement via affective commitment to broadcaster. Sedangkan pada platform s-commerce, relational bonds tidak mempengaruhi consumer engagement, namun hanya berpengaruh pada affective commitment to broadcaster saja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para operator e-commerce dan s-commerce di Indonesia, untuk meningkatkan keterlibatan konsumen serta affective commitment konsumen..09/01/2022
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 1477 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2022 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Commerce E Consumer engagement s live stream shopping relational bonds |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 125p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |