Text
Live streaming telah muncul sebagai salah satu kegiatan hiburan yang dapat meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen. Pengguna internet yang sering menonton live streaming dari influencer di media sosial sejumlah 29%, dengan 80% diantaranya cenderung untuk membeli produk tersebut. Meskipun demikian, belum begitu banyak dilakukan penelitian mengenai live stream shopping. Karena terdapat perbedaan sifat antara platform e-commerce dan s-commerce, penelitian ini membandingkan pengaruh relational bonds terhadap consumer engagement via affective commitment pada kegiatan live stream shopping di kedua platform tersebut. Bedasarkan 266 data e-commerce & 210 data s-commerce yang dikumpulkan dari survei online, ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada fenomena di kedua platform tersebut. Pada platform e-commerce, relational bonds berpengaruh terhadap consumer engagement via affective commitment to broadcaster. Sedangkan pada platform s-commerce, relational bonds tidak mempengaruhi consumer engagement, namun hanya berpengaruh pada affective commitment to broadcaster saja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para operator e-commerce dan s-commerce di Indonesia, untuk meningkatkan keterlibatan konsumen serta affective commitment konsumen..09/01/2022
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 1477 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Commerce E Consumer engagement s live stream shopping relational bonds |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 125p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |