Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pemasaran pariwisata di Sumatera Utara: suatu studi empirik tentang kepuasan dan kunjungan berkelanjutan wisatawan

Prof. Dr. Prijono Tjiptoherijanto (Pembimbing/Promotor) - ; Prof. Dr. Martani Husaini (Penguji) - ; Prof. Dr. Teddy Pawitra (CoPromotor) - ; Dr. Rhenald Kasali (CoPromotor) - ; Dr. Albert Wijaya (Penguji) - ; Ginting, Paham - ; Prof. Dr. Wagiono Ismangil (Penguji) - ; Prof. Dr. I.GH.N. Agung (Penguji) - ;

Persaingan global yang semakin tajam diantara negara, industri maupun perusahaan pariwisata saat ini, menyebabkan kepuasan wisatawan menjadi prioritas utama bagi pengambil keputusan dalam menentukan kebijakan pemerintah, industri maupun perusahaan. Peneltian yang bersifat survei lapangan ini bertujuan untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan pengukuran kepuasan dan kunjungan berkelanjutan wisatawan di Sumatra Utara. Dalam studi ini yang dimaksud dengan kepuasan wisatawan adalah perasaan yang dirasakan oleh wisatawan sejak tiba dan sampai meninggalkan Sumatra Utara. Jadi kepuasan yang diukur adalah perasaan yang dirasakan oleh wisatawan terhadap akomodasi, transportasi, destinasi dan prasarana wisata selama berada di Sumatra Utara. Juga dalam studi ini akan dilihat variabel konsekuensi kepuasan yaitu kesetiaan, rekomendasi dan keluhan. Temuan pertama yang bersifat akademis, dalam studi ini dapat membentuk model penelitian kepuasan wisatawan ( model TOURSAT ) yang lebih spesifik dari model penelitian-penelitian kepuasan wisatawan sebelumnya. Reliabilitas model ini telah diuji dengan menggunakan analisis faktor dan korelasi bivariat, dan hasilnya menyimpulkan bahwa instrumen yang dibentuk dapat digunakan untuk mengukur kepuasan parsial maupun kepuasan menyeluruh wisatawan. Keunikan model penelitian ini terdapat dalam metode pengukuran kepuasan parsial, karena selain menggunakan elemen kualitas produk dan jasa juga menggunakan elemen harga dan citra pariwisata. Keunikan yang lain dalam penelitian ini adalah bahwa kepuasan menyeluruh wisatawan diukur dengan menggunakan variabel pengukuran prasarana wisata selain menggunakan variabel pengukuran akomodasi, transportasi, dan destinasi. Kemudian dalam studi ini pendekatan yang digunakan dalam pengukuran kepuasan wisatawan dengan pendekatan kinerja..22 April 2002


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
DMA 0011PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2002
Edisi-
SubjekMarketing
Tourism
Consumen behaviour
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik-
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?