Text
Pemasaran pariwisata di Sumatera Utara: suatu studi empirik tentang kepuasan dan kunjungan berkelanjutan wisatawan
Persaingan global yang semakin tajam diantara negara, industri maupun perusahaan pariwisata saat ini, menyebabkan kepuasan wisatawan menjadi prioritas utama bagi pengambil keputusan dalam menentukan kebijakan pemerintah, industri maupun perusahaan. Peneltian yang bersifat survei lapangan ini bertujuan untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan pengukuran kepuasan dan kunjungan berkelanjutan wisatawan di Sumatra Utara. Dalam studi ini yang dimaksud dengan kepuasan wisatawan adalah perasaan yang dirasakan oleh wisatawan sejak tiba dan sampai meninggalkan Sumatra Utara. Jadi kepuasan yang diukur adalah perasaan yang dirasakan oleh wisatawan terhadap akomodasi, transportasi, destinasi dan prasarana wisata selama berada di Sumatra Utara. Juga dalam studi ini akan dilihat variabel konsekuensi kepuasan yaitu kesetiaan, rekomendasi dan keluhan. Temuan pertama yang bersifat akademis, dalam studi ini dapat membentuk model penelitian kepuasan wisatawan ( model TOURSAT ) yang lebih spesifik dari model penelitian-penelitian kepuasan wisatawan sebelumnya. Reliabilitas model ini telah diuji dengan menggunakan analisis faktor dan korelasi bivariat, dan hasilnya menyimpulkan bahwa instrumen yang dibentuk dapat digunakan untuk mengukur kepuasan parsial maupun kepuasan menyeluruh wisatawan. Keunikan model penelitian ini terdapat dalam metode pengukuran kepuasan parsial, karena selain menggunakan elemen kualitas produk dan jasa juga menggunakan elemen harga dan citra pariwisata. Keunikan yang lain dalam penelitian ini adalah bahwa kepuasan menyeluruh wisatawan diukur dengan menggunakan variabel pengukuran prasarana wisata selain menggunakan variabel pengukuran akomodasi, transportasi, dan destinasi. Kemudian dalam studi ini pendekatan yang digunakan dalam pengukuran kepuasan wisatawan dengan pendekatan kinerja..22 April 2002
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
DMA 0011 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia., 2002 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Marketing Tourism Consumen behaviour |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |