Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Kajian empiris pengaruh kualitas proses pendidikan terhadap citra dan kinerja pasar perguruan tinggi : Studi pada perguruan tinggi swasta terkemuka di Jakarta ( Program Studi S1 Ekonomi Manajemen dan Akuntansi )

Dr. Rhenald Kasali (Penguji) - ; Dr. Setyo Hari Wijanto (Penguji) - ; Dr. Firmanzah (Penguji) - ; Dr. Ignatius Heruwasto (CoPromotor) - ; Dr. Adi Zakaria Afiff (Penguji) - ; Prof. Dr. Wagiono Ismangil (Pembimbing/Promotor) - ; Dr. Budi W Soetjipto (CoPromotor) - ; Mariza, Ita - ; Dr. Willi Toisuta (Penguji) - ;

Penelitian persepsi mahasiswa tentang pengaruh kualitas proses pendidikan terhadap pembentukan citra internal yang berdampak pada kinerja pasar program studi yang ditinjau dari perspektif sumberdaya ini dilakukan di empat Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Tujuannya untuk mengidentifikasi: a) pengaruh persepsi mahasiswa atas kualitas proses pendidikan (kualitas pembelajaran, kualitas pelayanan akademik dan pelayanan non akademik) terhadap pembentukan citra internal program studi; b) pengaruh persepsi mahasiswa atas citra internal sebagai keunggulan intangible terhadap kinerja pasar program studi. Penelitian ini melibatkan 626 mahasiswa semester lima ke atas dari jurusan manajemen dan jurusan akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah survey lapangan dengan pemilihan responden secara convenient sampling. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) yang meliputi analisis pengukuran faktor konfirmatori dan pengujian model struktural, serta analisis rerata dan pengujian ANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa a) kualitas proses pembelajaran tidak terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembentukan citra, tetapi analisis lanjutan menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran berpengaruh positif, langsung dan signifikan terhadap kinerja pasar program studi; b) kualitas pelayanan akademik dan pelayanan non akademik terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan citra internal program studi; c) citra internal program studi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pasar program studi. Namun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan sebagai berikut: a) bersifat cross-sectional dan perseptual; b) R-squarred model yang hanya sebesar 0,61 mengindikasikan bahwa belum seluruh variabel yang berhubungan dengan citra dan kinerja pasar program studi tercakup dalam penelitian ini; c) PTS yang terlibat dalam penelitian ini kesemuanya berlokasi di Jakarta dan responden yang terlibat hanyalah mahasiswa aktif jurusan manajemen atau akuntansi minimal pada semester 5 dan atau diatasnya..22 Desember 2008


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
DMA 0073PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 2008
Edisi-
SubjekKinerja pasar
Perguruan tinggi swasta
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik-
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?