Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh emotional intelligence terhadap eskalasi komitmen, perilaku orientasi Inovasi, perilaku orientasi pelanggan serta kinerja area (lesson learned for bod): Studi empiris di PT PLN (Persero)

Dr. Albert Widjaja (Penguji) - ; Dr. Ignatius Heruwasto (Penguji) - ; Dr. Ir. T. Ezni Balqiah M.E (Penguji) - ; Dr. Setyo Hari Wijanto (CoPromotor) - ; W, Djuanda Nugraha Ibrahim - ; Budi W Soetjipto. DBA (Pembimbing/Promotor) - ; Dr. Supriadi Legino (CoPromotor) - ; Prof. Dorodjatun K Jakti S.E., M.A., Ph.D. (Penguji) - ; Setyo Anggoro Dewo, Ph.D (Penguji) - ;

Penelitian ini menguji dampak kecerdasan emosi (EI ? Emotional Intelligence) terhadap eskalasi komitmen (EC ? Escalation of Commitment) dan kinerja organisasi. Secara khusus, dampak langsung dan tidak langsung dari kecerdasan emosi diselidiki untuk mengevaluasi apakah EC harus dihambat atau dilanjutkan. Dengan menggunakan praktik perusahaan listrik di negara berkembang, kajian ini melibatkan 103 manajer area sebagai responden, dimana peran mereka sangat penting untuk mencapai sasaran penyebaran listrik di wilayah yang mereka pimpin. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Model Persamaan Struktural (SEM ? Structural Equation Model). Hasilnya menunjukkan bahwa kecerdasan emosi memiliki dampak positif dan negatif terhadap eskalasi komitmen, dan juga terhadap kinerja. Dampak negatif terjadi jika komitmen lebih jauh terhadap proyek yang terindikasi gagal dievaluasi hanya dengan mempertimbangkan profitabilitas dan alokasi sumber daya semata. Namun, jika kecerdasan emosi dapat diartikulasikan dalam bentuk perilaku-perilaku berorientasi inovasi dan berorientasi pelanggan yang berdampak pada pencapaian tujuan organisasi lainnya, maka ia memiliki kapasitas untuk mendorong komitmen lebih jauh (misalnya ke arah eskalasi komitmen) menjadi kinerja yang baik. Semua temuan ini kemudian menyajikan penjelasan alternatif untuk mengevaluasi apakah eskalasi komitmen memang sebuah kesalahan pengambilan keputusan atau bukan


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
DMA 0188PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Universitas Indonesia 2016
Edisi-
Subjekkecerdasan emosi
ekalasi komitmen
perilaku orientasi pelanggan
perilaku orientasi inovasi
kinerja area
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxv, 319 p. : ill. ; 29 cm.
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?