Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh Janji Merek, Reputasi Merek dan Kampanye Permanen Terhadap Keyakinan Keputusan Serta Intensi Mendukung Partai Politik

Sihite, Janfry - ; Dr. Ignatius Heruwasto (Penguji) - ; Prof. Firmanzah S.E., M.M., Ph.D (Penguji) - ; Harryadin Mahardika (Penguji) - ; Prof. Dr. Sofjan Assauri S.E., MBA (Pembimbing/Promotor) - ; T. Ezni Balqiah (Penguji) - ;

Pertukaran merupakan konsep inti pemasaran. Pertukaran terjadi tidak hanya di pemasaran komersial tetapi juga di pemasaran politik, seperti pertukaran didalam pemilihan umum dan pertukaran didalam pemerintahan. Penelitian pemasaran politik umumnya fokus pada pertukaran didalam pemilihan umum, oleh karena itu, penelitian ini berusaha mengintegrasikan pertukaran didalam pemilihan umum dan pertukaran didalam pemerintahan, yang bersama-sama merupakan bagian kampanye permanen. Pertukaran didalam pemilihan umum terjadi ketika partai politik menyampaikan janji partai politik kepada pemilih, pertukaran didalam pemerintahan terjadi ketika partai politik merealisasikan janjinya. Model ini mengajukan proposisi bahwa bahwa realisasi janji partai politik memengaruhi reputasi partai politik serta memengaruhi kampanye permanen, dan akhirnya memengaruhi keyakinan keputusan pemilih untuk mendukung partai politik. Indikator janji merek partai politik dikembangkan dari exploratory factor analysis tweets untuk account Twitter partai politik Indonesia. Tweets diekstrak dari periode kampanye pemilihan umum 2014, yang selanjutnya dianalisis menggunakan perangkat lunak Provalis QDA Miner. Indikator untuk reputasi merek, kampanye permanen, keyakinan keputusan dan intensi untuk mendukung partai politik diadaptasi dari indikator pemasaran politik dan pemasaran komersial. Kuesioner dibangun dan disampaikan kepada mahasiswa di tiga universitas Jakarta, dengan total 150 partisipan, selanjutnya analysis partial least square dengan 10.000 sampel bootstrap dilakukan. Temuan menunjukkan bahwa variabel kampanye permanen memiliki pengaruh yang signifikan pada variabel intensi untuk mendukung partai politik, selain itu satu hipotesa yaitu hubungan antara reputasi merek dan keyakinan keputusan tidak signifikan. Kontribusi teoritis penelitian ini adalah perluasan hasil empiris teori pertukaran sosial didalam pasar pemerintahan, melampaui penelitian yang selama ini hanya dilakukan didalam pasar pemilihan umum. Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah pentingnya kampanye permanen dalam meningkatkan stabilitas intensi untuk mendukung partai politik.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
DMA 0191PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Universitas Indonesia 2017
Edisi-
Subjekpemasaran politik
janji merek
reputasi merek
kampanye permanen
keyakinan keputusan
intensi untuk menudukung partai politik
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik-
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?