Text
Pengaruh pembingkaian pesan, tingkat abstraksi norma dan orientasi nilai ekologis terhadap sikap dan intensi melakukan perilaku peduli lingkungan: Suatu pendekatan pemasaran sosial
Perilaku peduli lingkungan merupakan salah satu aktivitas umat manusia untuk mencapai sustainability(keberlanjutan). Untuk mendorong orang melakukannya, diperlukan kontribusi disiplin ilmu pemasaran, khususnya pemasaran sosial. Melalui pemberian informasi menggunakan iklan sosial diharapkan terjadi respons positif dari khalayak sasaran untuk mau melakukan perilaku peduli lingkungan. Penelitian ini menguji pengaruh iklan sosial terhadap respons konsumen, yaitu sikap dan intensi melakukan perilaku peduli lingkungan. bagian. Hasil penelitian membuktikan iklan menggunakan tingkat abstraksi norma konkrit digabung dengan pembingkaian pesan menggunakan tiga orientasi nilai ekologis (biospheric, egoistic dan altruistic) memperoleh respons lebih positif dibanding jika pesan menampilkan norma abstrak. Temuan lain menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan orientasi nilai ekologis (egoistic dan altruistic) terhadap respons akan iklan sosial berbingkai konkrit-egoistic dan konkrit-altruistic, baik sikap mengenai iklan maupun intensi melakukan perilaku peduli lingkungan..21/07/2014
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
DMA 0209 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Universitas Indonesia., 2014 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social marketing Pro environmental behavior social advertising level of norm abstraction message framing ecological value orientation |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | x, 167 p. : ill. ; 29 cm. |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |