Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh regulasi dan kinerja keuangan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan dampaknya terhadap reputasi perusahaan : studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Wilestari, Median - ; Dr. Telisa Aulia Falianty (Penguji) - ; Helson Siagian, Ph.D (Penguji) - ; Prof. Akhmad Syakhroza, Ph.D (Pembimbing/Promotor) - ; Dr. Sylvia Veronica NP Siregar (Penguji) - ; Dr. Chaerul D. Djakman, SE., Ak., MBA (CoPromotor) - ; Dr. Vera Diyanty, SE., MM (CoPromotor) - ; Hilda Rossietta, SE., Ak, M.Comm., Ph.D (Penguji) - ; Dr. Ratna Wardhani, SE., M.Si (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis serta memberikan bukti empiris mengenai pengaruh regulasi dan kinerja perusahaan, yang diukur dengan likuiditas, profitabilitas, leverage dan nilai perusahaan terhadap tingkat pengungkapan CSR oleh perusahaan publik di Indonesia. Dampak dari pengungkapan tersebut kemudian dianalisis pengaruhnya terhadap reputasi perusahaan, yang diukur dari persepsi stakeholder dengan penghargaan yang diterima perusahaan dan nilai indeks harga saham individual, sebagai analisis anteseden. Struktur kepemilikan dengan proksi kepemilikan keluarga dan kepemilikan asing dianalisis sebagai variabel moderasi pada hubungan kinerja keuangan terhadap pengungkapan CSR. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan pengungkapan CSR pada semua kategori perusahaan sebelum dan sesudah penetapan regulasi (2012). Kinerja keuangan yang diproksi dengan Arus Kas Operasional (CFO) dan Debt to Equty Ratio (DER) berpengaruh signifikan tetapi Return On Asset (ROA) serta nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Variabel kepemilikan keluarga sebagai moderasi berpengaruh negatif dan memperlemah hubungan CFO dan pengungkapan CSR, sedangkan variabel kepemilikan asing memoderasi negatif hubungan ROA dengan pengungkapan CSR. Analisis anteseden membuktikan pengungkapan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap reputasi perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa pengungkapan kegiatan CSR adalah komunikasi yang efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan persepsi stakeholder, terutama untuk mendapatkan legitimasi pemerintah dan kepercayaan publik..20/07/2020


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
DIA 0062PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2020
Edisi-
SubjekFinancial performance
Corporate social responsibility
Ownership structure
Regulation
moderation
sorporate reputation
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi Fisikxv, 230p, chart, tables, graphics, ills; 29cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?