Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Peran Budaya Dan Pandangan Etis Konsumen Serta Pengaruhnya Terhadap Persepsi Mengenai Praktik Kecurangan Dan Kepuasan Pembelian Di E-Commerce

Nissa Ghulma Ratnasari (Pembimbing/Promotor) - ; Clarissanti, Shayna Faradila - ;

E-Commerce mempunyai potensi yang penting sebagai penopang pertumbuhan ekonomi. Namun sangat disayangkan, hal tersebut juga disertai dengan praktik kecurangan dari seller E-Commerce yang terus meningkat. Persepsi individu terhadap praktik kecurangan tersebut dipengaruhi oleh pandangan etis konsumen (idealism dan egoism) yang berbeda-beda dari setiap individu. Variasi dari pandangan etis yang dimiliki tersebut dapat dijelaskan oleh orientasi budaya (power distance, uncertainty avoidance, religious belief, individualism dan masculinity) sebagai anteseden. Penelitian ini menggunakan descriptive single cross-sectional design dan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 190 responden sebagai sampel penelitian. Kriteria responden penelitian antara lain berusia ≥ 18 tahun, berdomisili di Indonesia, pernah membeli produk melalui E-Commerce Consumer-to-Consumer (C2C)/Marketplace dalam kurun waktu 1 tahun dan mempunyai pengalaman tidak menyenangkan terkait pembelian tersebut untuk dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini melakukan pengolahan data menggunakan metode structural equation modeling (SEM) dengan software LISREL 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan uncertainty avoidance berpengaruh positif terhadap pandangan etis idealism pada konsumen. Sedangkan, individualism dan masculinity memiliki pengaruh yang positif terhadap pandangan etis egoism pada konsumen. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa idealism dan egoism berpengaruh positif terhadap persepsi mengenai praktik kecurangan yang dilakukan oleh seller E-Commerce. Selain itu, terdapat pengaruh yang negatif dari persepsi yang dimiliki tersebut terhadap kepuasan pembelian. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari power distance dan religious belief terhadap pandangan etis idealism pada konsumen.Ada Tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11656PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2019
Edisi-
SubjekCommerce
Culture
E
Cultural Orientation
Ethical View
Received Deception
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi FisikXVIII, 241 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?