Text
Peran Budaya Dan Pandangan Etis Konsumen Serta Pengaruhnya Terhadap Persepsi Mengenai Praktik Kecurangan Dan Kepuasan Pembelian Di E-Commerce
E-Commerce mempunyai potensi yang penting sebagai penopang pertumbuhan ekonomi. Namun sangat disayangkan, hal tersebut juga disertai dengan praktik kecurangan dari seller E-Commerce yang terus meningkat. Persepsi individu terhadap praktik kecurangan tersebut dipengaruhi oleh pandangan etis konsumen (idealism dan egoism) yang berbeda-beda dari setiap individu. Variasi dari pandangan etis yang dimiliki tersebut dapat dijelaskan oleh orientasi budaya (power distance, uncertainty avoidance, religious belief, individualism dan masculinity) sebagai anteseden. Penelitian ini menggunakan descriptive single cross-sectional design dan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 190 responden sebagai sampel penelitian. Kriteria responden penelitian antara lain berusia ≥ 18 tahun, berdomisili di Indonesia, pernah membeli produk melalui E-Commerce Consumer-to-Consumer (C2C)/Marketplace dalam kurun waktu 1 tahun dan mempunyai pengalaman tidak menyenangkan terkait pembelian tersebut untuk dianalisis lebih lanjut. Penelitian ini melakukan pengolahan data menggunakan metode structural equation modeling (SEM) dengan software LISREL 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan uncertainty avoidance berpengaruh positif terhadap pandangan etis idealism pada konsumen. Sedangkan, individualism dan masculinity memiliki pengaruh yang positif terhadap pandangan etis egoism pada konsumen. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa idealism dan egoism berpengaruh positif terhadap persepsi mengenai praktik kecurangan yang dilakukan oleh seller E-Commerce. Selain itu, terdapat pengaruh yang negatif dari persepsi yang dimiliki tersebut terhadap kepuasan pembelian. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari power distance dan religious belief terhadap pandangan etis idealism pada konsumen.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11656 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Commerce Culture E Cultural Orientation Ethical View Received Deception |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XVIII, 241 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |