Text
Analisis komparasi pengaruh eksternal dan internal adopsi TAM terhadap penggunaan uang elektronik pada pelaku usaha ultra mikro lembaga keuangan mikro konvensional dan syariah di Indonesia
Perkembangan e-commerce di Indonesia telah berkembang sangat pesat. sehingga dalam kondisi ini, perusahaan-perusahaan mengambil peluang ini untuk meningkatkan penjualan mereka dengan menyediakan layanan m-payment atau pembayaran elektronik. Namun, hal ini hanya terjadi pada kota-kota maju di Indonesia, sementara pada beberapa kota di Indonesia, hal ini tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tujuan utama penelitian ini adalah membandingkan pengaruh dari faktor eksternal dan internal terhadap adopsi teknologi informasi yang digunakan oleh para pelaku usaha ultra mikro khususnya pada bidang Nasabah BMT (BMT) maupun nasabah LKM konvensional (IKNB) menggunakan teori yang diadaptasi dari Technology Acceptance Model (TAM). Sampel pada penelitian ini adalah nasabah Lembaaga Keuangan Mikro (LKM) Konvensional yang diambil dari kota Singkawang, dan nasabah BMT (BMT) yang diambil dari kota Bandar Lampung. Data diolah menggunakan metode structural equation model (SEM) dengan Lisrel 8.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth pada nasabah BMT menjadi variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam mempengaruhi niat nasabah untuk mengadopsi uang elektronik.Ada tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11657 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Commerce E Microfinance Payment Wallet Technology aceptance modal |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiv, 2016 p. L diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |