Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Apakah Donor Muslim Mempertimbangkan Akuntabilitas, Kepercayaan, Dan Reputasi

Evony Silvino Violita (Pembimbing/Promotor) - ; Ridho, Wahyu Adji Nur - ;

Pada sektor zakat infak sedekah dan wakaf (ziswaf) di Indonesia, peningkatan akuntabilitas diyakini mampu meningkatkan kepercayaan public dan reputasi, serta menjadi solusi untuk meningkatkan donasi yang diterima. Akan tetapi masih minim pembuktian empiris terkait apakah donor itu benar-benar mempertimbangkan akuntabilitas. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan hal tersebut dengan eksperimen atas 158 muslim dengan pendapatan kelas menengah di wilayah Jabodetabek. Eksperimen dilakukan secara online dengan menyediakan lima kasus fiktif yang disusun berdasarkan lima tingkatan akuntabilitas, dari yang terendah (tanpa akuntabilitas) hingga yang tertinggi (terakreditasi eksternal). Hasil menunjukkan bahwa tingkat akuntabilitas secara signifikan memengaruhi kepercayaan dan reputasi. Donasi dipengaruhi oleh tingkat akuntabilitas hanya secara mediasi melalui reputasi. Penelitian ini juga menemukan peran penting dari reputasi dalam membentuk kepercayaan dan donasi.Ada Tabel


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
11664PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2019
Edisi-
SubjekAccountability
Donation
Reputation
Ziswaf
Public Trust
ISBN/ISSN-
Klasifikasi-
Deskripsi FisikXIV, 130 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?