Text
Apakah Donor Muslim Mempertimbangkan Akuntabilitas, Kepercayaan, Dan Reputasi
Pada sektor zakat infak sedekah dan wakaf (ziswaf) di Indonesia, peningkatan akuntabilitas diyakini mampu meningkatkan kepercayaan public dan reputasi, serta menjadi solusi untuk meningkatkan donasi yang diterima. Akan tetapi masih minim pembuktian empiris terkait apakah donor itu benar-benar mempertimbangkan akuntabilitas. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan hal tersebut dengan eksperimen atas 158 muslim dengan pendapatan kelas menengah di wilayah Jabodetabek. Eksperimen dilakukan secara online dengan menyediakan lima kasus fiktif yang disusun berdasarkan lima tingkatan akuntabilitas, dari yang terendah (tanpa akuntabilitas) hingga yang tertinggi (terakreditasi eksternal). Hasil menunjukkan bahwa tingkat akuntabilitas secara signifikan memengaruhi kepercayaan dan reputasi. Donasi dipengaruhi oleh tingkat akuntabilitas hanya secara mediasi melalui reputasi. Penelitian ini juga menemukan peran penting dari reputasi dalam membentuk kepercayaan dan donasi.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11664 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Accountability Donation Reputation Ziswaf Public Trust |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XIV, 130 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |