Text
Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Signaling Dan Endorsement Terhadap Kesuksesan Reward-Based Crowdfunding Di Negara Asean-Five
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan reward-based crowdfunding dengan menggunakan dua sumber informasi yang berasal dari founders dan backers melalui teori signaling dan endorsement pada 498 proyek reward-based crowdfunding pada lima sektor industri teratas di negara ASEAN-Five yang terdaftar pada platform Kickstarter. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan uji regresi logistik dan odds ratio dalam melakukan pengolahan data. Peneliti juga menambahkan analisis sektoral melalui uji regresi linear OLS. Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan dan positif informasi yang berasal dari founders yang terdiri atas jumlah gambar, ketersediaan video, ketersediaan homepage, dan jumlah updates terhadap variabel dependen. Selain itu, variabel jumlah komentar dan sentimen komentar pada endorsement juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa informasi yang berasal dari founders dan backers sangat penting dalam mengatasi asimetri informasi yang dialami oleh fenomena reward-based crowdfunding di negara ASEAN-Five. Pembahasan hasil analisis juga diperkaya dengan pernyataan dan komentar yang disampaikan backers untuk memperdalam pemahaman pengaruh tiap variabel independen terhadap keputusan backers dalam mengambil keputusan pendanaan.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11683 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | ASEAN 5 Crowdfunding Signaling Success Factors Thrid Party Endorsement |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XIX, 143 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |