Text
Analisis potensi perbankan syariah dalam mengadopsi crowdfunding
Pesatnya perkembangan layanan keuangan digital atau fintech di Indonesia membuat suatu potensi positif dibalik terancamnya keberadaan pemain lama dalam pasar layanan keuangan, salah satunya crowdfunding yang dapat diadopsi oleh Bank Syariah. Maka, untuk mengetahui potensi peluang ini, maka Bank Syariah perlu untuk mengetahui bagaimana respon dari stakeholder yang berpeluang untuk menjadi nasabah bila Bank Syariah mampu untuk membuat produk crowdfunding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan juga menggunakan kerangka konseptual modifikasi ADKAR sebagai salah satu model perubahan dalam organisasi. Responden yang digunakan adalah pelaku crowdfunding yang juga merupakan nasabah Bank Syariah untuk dianalisis bagaimana responnya terhadap potensi peluang ini serta menarik saran-saran dari pelaku crowdfunding yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Bank Syariah untuk membuat produk crowdfunding. Pengambilan data melalui wawancara yang bersifat In-Depth Interview kepada 14 pelaku crowdfunding dari beberapa tempat dan beberapa platform. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pelaku tertarik untuk berinvestasi di Bank Syariah apabila terjadi pengadopsian model bisnis crowdfunding oleh Bank Syariah, serta terdapat beberapa saran yang diberikan oleh pelaku terkait penerapan yang ideal dan saluran pemasaran yang dapat digunakan.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11822 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Islamic banking Financial technology Crowdfunding Qualitative research |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | xiii, 68 p : diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |