Text
Analisis Pengaruh Kualitas Penggalangan Dana Dan Kredibilitas Penggalang Dana Dalam Penerimaan Wakaf Melalui Platform Crowdfunding Di Indonesia (Studi Kasus Kitabisa.Com)
Wakaf sebagai salah satu dana sosial Islam dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada dengan menggunakan platform crowdfunding sebagai upaya meningkatkan penerimaan wakaf. Wakaf sendiri memiliki potensi yang sangat besar dimana Badan Wakaf Indonesia mengungkapkan potensi wakaf tunai di Indonesia mencapai 180 triliun rupiah per tahun. Akan tetapi, belum banyak penelitian yang mengkaji mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penggalangan dana wakaf melalui platform crowdfunding di Indonesia. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas penggalangan dana (campaign) dan kredibilitas penggalang dana (campaigner) dalam memengaruhi penerimaan penggalangan dana wakaf melalui platform crowdfunding dengan studi kasus Kitabisa.com di Indonesia. Pemilihan Kitabisa.com sebagai studi kasus dikarenakan Kitabisa.com merupakan platform crowdfunding yang sudah dikenal luas di Indonesia yang dibuktikan dengan lebih dari 22.000 penggalangan dana terdanai (per April 2019). Dengan menggunakan model regresi OLS, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator kualitas penggalangan dana berupa jumlah gambar memiliki pengaruh positif dalam penerimaan wakaf di Kitabisa.com. Hal ini dapat terjadi lantaran gambar merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi terkait penggalangan dana wakaf yang dijalankan. Sementara pada indikator kredibilitas penggalang dana, faktor jumlah pembaruan informasi (update) dan status penggalang dana memiliki pengaruh yang positif dalam menghimpun wakaf di Kitabisa.com. Hal ini mungkin disebabkan banyaknya update dapat menunjukkan transparansi penggalang dana dan penggalang dana berstatus organisasi lebih dipercaya oleh masyarakat. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi para pemangku kepentingan yang hendak membuat platform crowdfunding khusus wakaf di Indonesia sehingga bisa memerhatikan faktor-faktor terkait kualitas penggalangan dana dan kredibilitas penggalang dana yang dapat memengaruhi penerimaan wakaf. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan bisa memperkaya literasi terkait pengelolaan wakaf digital di Indonesia.Ada Tabel
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
11902 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Waqf Crowfunding Quality Of Campaigner Credibility Of Campaign |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | - |
Deskripsi Fisik | XIII, 74 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |