Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Analisis Pengaruh Social Values Terhadap Jumlah Permintaan Uang Islam Di Indonesia

Ascarya - ; Gustiani, Ebrinda Daisy - ; Effendi, Jaenal - ;

Sebagai salah satu instrumen yang ada dalam sistem ekonomi Islam, zakat menjadi penting untuk diteliti pengaruhnya dalam formulasi kebijakan moneter di Indonesia, terutama berhubungan dengan jumlah uang. Selama ini masih belum ada seseorang yang membuktikan secara empiris pengaruh zakat sebagai salah satu instrumen dalam kebijakan moneter, terutama jumlah uang di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dibuktikan apakah zakat sebagai salah satu yang merupakan variabel social values dalam pemikiran Umer Chapra berpengaruh dalam jumlah permintaan uang Islam di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini seluruhnya merupakan data sekunder dalam series bulanan berawal dari Januari 2001 sampai dengan Desember 2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Vector Autoregression (VAR) yang dilanjutkan dengan metode Vector Error Correction Model (VECM) jika terdapat kointegrasi dengan bantuan software Eviews 4.1. dan Microsoft Excel 2003.Secara umum kita dapat melihat hubungan pada jangka panjang hanya pada model permintaan tabungan mudharabah dan deposito mudharabah saja. GDP berpengaruh signifikan untuk setiap model permintaan uang (kecuali pada giro wadi?ah) karena baik pada sistem syariah maupun konvensional, jika masyarakat lebih sejahtera maka asumsinya permintaan uang akan meningkat. Untuk variabel social values dan return syariah pada beberapa model pengaruhnya negatif dikarenakan sistem syariah masih di dominasi oleh sistem konvensional. Hal ini disebabkan karena faktor uang kartal, conspicious consumption dan social values itu sendiri. RS tidak signifikan pada beberapa model persamaan dapat dijelaskan dengan melihat opportunity cost dari memegang uang. Untuk saat ini karena beberapa alasan sebelumnya variabel social values belum begitu terlihat pengaruhnya terhadap jumlah permintaan uang di Indonesia. .Printed Journal


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
BEMP1204PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitJakarta: Bank Indonesia
Edisi-
SubjekIslam
Money demand
Social values
VAR/VECM
ISBN/ISSN14108046
Klasifikasi-
Deskripsi Fisik-
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?