Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI EMOTIONAL
ATTACHMENT, VLOGGERS'
POPULARITY, DAN PURCHASE
INTENTION PEMISA TERHA...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2020

Skripsi

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Emotional Attachment, Vloggers' Popularity, dan Purchase Intention Pemisa terhadap Produk Kencantikan yang ditampilkan dalam Vlog (Studi Kasus : Beauty Vlogger Tasya Farasya)

Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Nugraha, Adela Khairunnisa - ;

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh homophily terhadap emotional attachment serta pengaruh homophily, expertise, dan emotional attachment terhadap vloggers’ popularity dan pada akhirnya meneliti pengaruh emotional attachment, vloggers’ popularity, dan expertise terhadap purchase intention pemirsa pada produk kecantikan yang ditampilkan dalam vlog; dengan berfokus pada beauty vlogger bernama Tasya Farasya. Homophily sendiri dibagi menjadi empat dimensi yakni attitude, background, moral atau value, dan appearance. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif yang dilakukan secara single cross-sectional melalui penyebaran kuesioner online kepada responden dengan menggunakan Google Form. Target responden penelitian ini adalah perempuan Indonesia berusia 15 tahun ke atas dan telah menonton video YouTube Tasya Farasya sebanyak minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir (n = 430). Data yang diperoleh diolah menggunakan metode statistik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak Lisrel 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir semua dimensi homophily (attitude, moral atau value, dan appearance) secara signifikan memiliki dampak positif terhadap emotional attachment. Di sisi lain, semua dimensi homophily tidak memiliki dampak positif yang signifikan terhadap vloggers’ popularity. Kemudian, emotional attachment dan expertise juga ditemukan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap vloggers’ popularity. Terakhir, peneliti menemukan bahwa emotional attachment dan expertise secara signifikan memiliki dampak positif terhadap purchase intention pemirsa sementara vloggers’ popularity tidak.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
12234PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2020
Edisi-
SubjekPurchase intention
Social media marketing
Homophily
Emotional attachment
Beauty vlogger
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi FisikXX, 126 p. ; il. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?