Skripsi
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Emotional Attachment, Vloggers' Popularity, dan Purchase Intention Pemisa terhadap Produk Kencantikan yang ditampilkan dalam Vlog (Studi Kasus : Beauty Vlogger Tasya Farasya)
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh homophily terhadap emotional attachment serta pengaruh homophily, expertise, dan emotional attachment terhadap vloggers’ popularity dan pada akhirnya meneliti pengaruh emotional attachment, vloggers’ popularity, dan expertise terhadap purchase intention pemirsa pada produk kecantikan yang ditampilkan dalam vlog; dengan berfokus pada beauty vlogger bernama Tasya Farasya. Homophily sendiri dibagi menjadi empat dimensi yakni attitude, background, moral atau value, dan appearance. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif yang dilakukan secara single cross-sectional melalui penyebaran kuesioner online kepada responden dengan menggunakan Google Form. Target responden penelitian ini adalah perempuan Indonesia berusia 15 tahun ke atas dan telah menonton video YouTube Tasya Farasya sebanyak minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir (n = 430). Data yang diperoleh diolah menggunakan metode statistik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan perangkat lunak Lisrel 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir semua dimensi homophily (attitude, moral atau value, dan appearance) secara signifikan memiliki dampak positif terhadap emotional attachment. Di sisi lain, semua dimensi homophily tidak memiliki dampak positif yang signifikan terhadap vloggers’ popularity. Kemudian, emotional attachment dan expertise juga ditemukan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap vloggers’ popularity. Terakhir, peneliti menemukan bahwa emotional attachment dan expertise secara signifikan memiliki dampak positif terhadap purchase intention pemirsa sementara vloggers’ popularity tidak.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
12234 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2020 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Purchase intention Social media marketing Homophily Emotional attachment Beauty vlogger |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | XX, 126 p. ; il. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |