Text
Buku ajar matakuliah pengembangan kepribadian Agama Islam : membangun pribadi muslim moderat
Materi Pembelajaran MPK Agama Islam ini disusun berdasarkan : Agama Islam merupakan realita sejarah yang berkembang dari masa kemasa. Oleh karena itu, tahap pertama dalam proses pembelajaran MPK Agama Islam melakukan kajian sejarah agama Islam, makna agama Islam bagi kehidupan, dan manusia beragama Islam Agama Islam memiliki pokok-pokok ajaran yang mendasari sikap dan perilaku penganutnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian tentang pokok-pokok ajaran agama Islam dari Kitab Suci Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah saw/Hadis. Agama Islam mengandung ajaran dalam dimensi sosial dan budaya Islam. Oleh karena itu, perlu kajian tentang keluarga Islam, masyarakat Islam, kerukunan hidup umat beragama dan hubungan antara agama Islam dengan bangsa dan negara, serta pengembangan budaya, seni, dan iptek berdasar ajaran agama Islam.
Proses pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahapan perolehan pengetahuan, tahapan latihan dan tahapan umpan balik. Mahasiswa melakukan tugas pembelajaran secara berkelompok dan kegiatan mandiri. Kemampuan mahasiswa melakukan tugas membahas pokok bahasan tertentu merupakan komponen keberhasilan yang diharapkan dan pada saat membahas masalah tersebut mereka mengacu pada nilai-nilai ajaran agama Islam dan akademik. Pada setiap pokok bahasan mahasiswa ditugaskan untuk membuat Latihan Tugas Mandiri (LTM) yang kemudian didiskusikan bersama teman dalam kelompoknya agar terjadi proses pembelajaran yang mendalam tentang pokok bahasan itu. Hasil belajar mahasiswa dituangkan dalam bentuk makalah kelompok. Di akhir kegiatan mahasiswa menyampaikan presentasi sebagi hasil belajar mandiri dan kelompoknya. Sampai akhir kegiatan masing-masing mahasiswa memperoleh kesempatan melakukan presentasi sebanyak satu kali. Dengan presentasi mahasiswa diharapkan lebih mampu menyampaikan ide-ide dengan sikap dan bobot ilmiah. Untuk mendukung tercapainya pengembangan kemampuan intelektual mahasiswa, pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah active learning dengan menggunakan metode collaborative learning (CL) dan problem based learning (PBL). Melalui metode tersebut kemampuan yang diharapkan dapat dicapai mahasiswa adalah kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok, mengelola informasi secara efektif, berpikir kritis dan analitis, bersikap rasional dan mandiri, bertanggung jawab meningkatkan iman, takwa dan akhlak mulia/etika akademik, serta menerapkan langkah-langkah solusi masalah secara ilmiah dan didasari ajaran agama Islam yang dianutnya. Materi pembelajaran MPK Agama Islam ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengembangkan kajian tentang Islam secara komprehensif guna membentuk pribadi muslim yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, beramal, berakhlak mulia, memiliki etos kerja yang tinggi, menjunjung tinggi dan menerapkan nilainilai ajaran agama Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara, 2
serta menjadikan ajaran agama Islam tersebut sebagai landasan berpikir dan berperilaku dalam pengembangan budaya, seni, iptek, dan profesinya kelak.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
297 BUK | PSB lt.1 - B. Penunjang | 1 |
Penerbit | Jakarta Midada Rahma Press., 2019 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Buku ajar - matakuliah agama islam |
ISBN/ISSN | 9789791077750 |
Klasifikasi | 297 |
Deskripsi Fisik | 325 p. : ill. ; 21 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |