Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

The Analysis of Consumers’ Adoption Intention on Electric Motorcycle: A Case Study of Gojek & Grab by Using an Extended Theory of Planned Behavior

Muhammad Zadda Ilman - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Penguji) - ;

Menggunakan kendaraan listrik telah terbukti dapat mengurangi emisi udara yang juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang ada. Di satu sisi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan polusi tertinggi di dunia pada tahun 2021. Merespons hal tersebut, pemerintah Indonesia bersama dengan pihak swasta mulai aktif mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik. Gojek dan Grab, perusahaan super app terbesar di Indonesia, juga telah menyatakan komitmennya untuk menargetkan net zero carbon dengan meluncurkan armada sepeda motor listrik (EM) untuk layanan bike ride-hailing sebagai salah satu aksi nyata mereka. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang dapat memengaruhi niat konsumen untuk menggunakan EM di Gojek atau Grab. Penelitian ini menggunakan extended theory of planned behavior untuk menguji hubungan antara variabel independen, yaitu attitude (ATT), subjective norms (SN), perceived behavioral control (PBC), moral norms (MN), dan environmental concerns (EC) dan niat adopsi EM (AI) sebagai variabel dependen. Sebanyak 138 responden yang pernah menggunakan layanan ride-hailing sepeda motor Gojek atau Grab diikutsertakan dalam penelitian ini dan kemudian dianalisis menggunakan metode SEM PLS. Studi ini menemukan bahwa ATT, SN, dan MN secara statistik berpengaruh signifikan terhadap niat mengadopsi EM. Sedangkan PBC dan EC tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi adopsi EM.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
13870PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus International Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022
Edisi-
SubjekTheory of Planned Behavior
Electric Vehicles
Electric motorcycle
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 132 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?