Tesis
Evaluasi Interactive Control Systems Sekolah Dasar XYZ dalam Merespon Strategic Uncertainties COVID-19
Instruksi dari Pemerintah mengenai peningkatan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19 direspon oleh Sekolah Dasar XYZ sebagai suatu ketidakpastian strategis (strategic uncertainties) yang berpotensi menggagalkan pelaksanaan intended strategy yaitu Project Based Learning. Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi penerapan Interactive Control Systems dalam proses perumusan new emergent strategy Sekolah Dasar XYZ selama masa pandemi COVID-19. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus dan penelitian kualitatif dimana data akan diperoleh melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dengan Manajemen Institusi dan Kepala Sekolah Dasar XYZ. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa proses perumusan new emergent strategy Sekolah Dasar XYZ menggunakan Interactive Control Systems pada tahap perumusan awal strategi dan evaluasi penerapan strategi. Pada tahap perumusan awal strategi, Kepala Sekolah Dasar bersama Manajemen Institusi XYZ menentukan sistem kendali yang berfokus pada infrastruktur pengajaran dan ketrampilan mengajar guru. Pertemuan atau rapat interaktif yang terjadi membahas data-data yang dikumpulkan dari sistem kendali yang menjadi fokus strategic uncertainties Sekolah Dasar XYZ dan digunakan secara interaktif oleh Kepala Sekolah Dasar XYZ bersama dengan kepala unit Pra-TK, TK, dan SMP, serta Manajemen Institusi. Pada debat dan dialog, data perkembangan penggunaan infrastruktur pengajaran dan ketrampilan mengajar guru menjadi fokus yang didiskusikan serta diperdebatkan. Hasil dari debat dan dialog perumusan new emergent strategy pembelajaran Sekolah Dasar XYZ adalah strategi pembelajaran bernama Home Learning dengan tetap mengedepankan desain pembelajaran Project Based Learning. Pada tahap evaluasi, Interactive Control Systems tetap berfokus pada infrastruktur pengajaran dan ketrampilan mengajar guru. Pada debat dan dialog ditambahkan data hasil survey dari orang tua siswa dan siswa setelah pelaksanaan uji coba strategi pembelajaran Home Learning. Hasilnya adalah new emergent strategy baru yaitu pembelajaran Home Learning dengan desain Project Based Learning yang dikombinasikan dengan pedagogical intelligence, social emotional, dan pengayaan.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 018/22 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2022 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Covid-19 Strategic uncertainties Interactive control systems Project base learning Home learning |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 84 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis MAKSI |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |