Tesis
Desain Program Corporate Social Responsibility Dengan Konsep Creating Shared Value: Studi Kasus Pada KTalents Asia
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah isu yang terus menjadi perbincangan dan fokus perusahaan dalam beberapa dekade terakhir. KTalents Asia juga merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan program CSR sejalan dengan visi misi organisasi. Namun, dalam pelaksanaan program CSR, KTalents Asia belum memiliki desain konsep tertentu dan kondisi pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak perusahaan untuk melaksanakan CSR-nya secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain konsep CSR KTalents Asia sesuai dengan konsep Creating Shared Value (CSV). Pandemi Covid-19 yang terjadi merupakan kondisi krisis yang dihadapi perusahaan, sehingga program CSR yang didesain tidak hanya sebatas tanggung jawab saja, melainkan harus meningkatkan nilai dari perusahaan. Oleh karena itu, konsep CSV digunakan untuk mendesain program CSR di KTalents Asia. Penyusunan desain CSR menggunakan tahapan dari penelitian Hules dan Xie (2015). Terdapat lima tahapan yang dilakukan yaitu melakukan analisis rantai nilai, menganalisis strategi diferensiasi, menyusun desain CSR menggunakan konsep CSV, mengomunikasikan desain CSR, dan menyusun desain final CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep CSV menyebabkan desain program CSR perusahaan fokus kepada aspek community development yang sangat berkaitan erat dengan rantai nilai perusahaan. Nilai yang diciptakan oleh KTalents Asia melalui program CSR-nya adalah melalui pengembangan platform KaroAku, menjalin kerja sama dengan Universitas, program mentoring anak asuh untuk masing-masing karyawan KTalents Asia, dan pengembangan database career development center yang tidak terbatas pada mahasiswa universitas namun juga terbuka untuk pihak umum. Penelitian ini terbatas pada sektor jasa dan hanya pada tahap mendesain konsep CSR untuk KTalents Asia.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 126/21 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Jakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2021 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Corporate social responsibility Community development Stakeholders Theory covid-19 pandemic Creating shared value |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 123 p. ; chart, tables, graphics, appendix, 30cm |
Info Detail Spesifik | Tesis MAKSI |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |