Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DESAIN PROGRAM CORPORATE
SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN
KONSEP CREATING SHARED
VALUE: STUDI KASUS PADA
KTALENTS ASIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2021

Tesis

Desain Program Corporate Social Responsibility Dengan Konsep Creating Shared Value: Studi Kasus Pada KTalents Asia

Theresia Novianty Sinaga - ; Yan Rahadian (Pembimbing/Promotor) - ; Ancella A. Hermawan (Penguji) - ; Luluk Widyawati (Penguji) - ;

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah isu yang terus menjadi perbincangan dan fokus perusahaan dalam beberapa dekade terakhir. KTalents Asia juga merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan program CSR sejalan dengan visi misi organisasi. Namun, dalam pelaksanaan program CSR, KTalents Asia belum memiliki desain konsep tertentu dan kondisi pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak perusahaan untuk melaksanakan CSR-nya secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain konsep CSR KTalents Asia sesuai dengan konsep Creating Shared Value (CSV). Pandemi Covid-19 yang terjadi merupakan kondisi krisis yang dihadapi perusahaan, sehingga program CSR yang didesain tidak hanya sebatas tanggung jawab saja, melainkan harus meningkatkan nilai dari perusahaan. Oleh karena itu, konsep CSV digunakan untuk mendesain program CSR di KTalents Asia. Penyusunan desain CSR menggunakan tahapan dari penelitian Hules dan Xie (2015). Terdapat lima tahapan yang dilakukan yaitu melakukan analisis rantai nilai, menganalisis strategi diferensiasi, menyusun desain CSR menggunakan konsep CSV, mengomunikasikan desain CSR, dan menyusun desain final CSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep CSV menyebabkan desain program CSR perusahaan fokus kepada aspek community development yang sangat berkaitan erat dengan rantai nilai perusahaan. Nilai yang diciptakan oleh KTalents Asia melalui program CSR-nya adalah melalui pengembangan platform KaroAku, menjalin kerja sama dengan Universitas, program mentoring anak asuh untuk masing-masing karyawan KTalents Asia, dan pengembangan database career development center yang tidak terbatas pada mahasiswa universitas namun juga terbuka untuk pihak umum. Penelitian ini terbatas pada sektor jasa dan hanya pada tahap mendesain konsep CSR untuk KTalents Asia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 126/21PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2021
Edisi-
SubjekCorporate social responsibility
Community development
Stakeholders Theory
covid-19 pandemic
Creating shared value
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 123 p. ; chart, tables, graphics, appendix, 30cm
Info Detail SpesifikTesis MAKSI
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?