Text
Best practices dan BUMN: melalui sharing best practices BUMN bisa melayani lebih baik
Kapan perusahaan dari Indonesia berkinerja world class? Apakah sudah ada dari antara 140 perusahaan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah berhasil mencapai tingkat kelas dunia? Apa ukuran sebuah perusahaan disebutkan sebagai korporat berkinerja world class? Jika jawabannya menyebutkan, bahwa perusahaan yang sudah menerapkan best practices sharing atau knowledge sharing secara intens dan dinamis maka perusahaan itu sudah menuju perusahaan yang berkinerja world class.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membidangi lebih dari 140 perusahaan , memiliki best practices yang luar biasa banyaknya dan tersimpan di ruang masing-masing organisasi atau perusahaan. Best practices ini merupakan kekuatan organisasi/perusahaan di BUMNyang digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dalam pelayanan sehingga mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dan tuntutan pelayanan yang disampaikan oleh pelanggan dan masyarakat. Namun, best practices yang dimiliki oleh masing-masing organisasi di lingkungan BUMN akan lebih berdaya guna lagi dan akan mampu meningkatkan pelayanan masyarakat dan kinerja apabila di-sharing dengan baik di perusahaan-perusahaan yang ada di bawah naungan BUMN. Penerapan langkah awal sharing best practices di lingkungan BUMN sangat penting dan akan terasa manfaatnya bagi organisasi dan pelanggan /masyarakat karena perusahaan akan mampu mengatasi kualitas layanan publik yang selama ini dikeluhkan oleh para pelanggan dan masyarakat. Dan secara incremental layanan ini akan semakin baik dari waktu ke waktu.
Selanjutnya melalui sharing best practices yang lebih intens, kita memastikan perusahaan di lingkungan BUMN akan lebih aktif dan dinamis berinovasi dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Hasil lainnya adalah peningkatan dan perbaikan kontribusi perusahaan di lingkungan BUMN pada ekonomi nasional serta kian mantapnya organisasi di lingkungan BUMN dan perusahaan mencapai kinerja world class sehingga mampu bersaing di pasar global/internasional sesuai dengan visi dan misi dari beberapa perusahaan di lingkungan BUMN.
Lebih jauh lagi kita akan dapat melihat melalui best practices sharing di BUMN denga strategi speed of organizational learning seperti yang dilakukan oleh General Electric (GE), Beyond Petroleum (BP), Unilever, PT Wijaya Karya, dan lain-lain, merupakan kekuatan organisasi yang ampuh dan dahsyat, dan akan menciptakan pertumbuhan perekonomian Indonesia yang tujuannya untuk mendukung pembangunan Indonesia seutuhnya akan mudah kita capai. Dengan demikian dapat kita simpulkan, organisasi/perusahaan di lingkungan BUMN akan dapa meningkatkan layanan di bidang transportasi-darat, laut, udara-energi, air, telekomunikasi, pelayanan kesehatan, dan pelayanan bidang lainnya, kita tidak akan mendengar keluhan para pelanggan dan masyarakat lagi. Buku Best Practices dan BUMN merupakan karya ke-2 dan trilogi yang direncanakan oleh Dr. Manerep Pasaribu melengkapi suksesnya menulis buku pertama berjudul, Knowledge Sharing Meningkatkan Kinerja Layanan Perusahaan-yang akan terbit dalam (Desember 2009, cetakan kedua). Setelah selesai merevisi buku pertama, Knowledge Sharing. Menulisa buku, imbuhnya, merupakan salah satu bukti kecintaan kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
302.24Pas b | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 3 |
Penerbit | Bogor Gramedia., 2013 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | BUMN |
ISBN/ISSN | 9786020207018 |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvii, 205 p. ; 22 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |