Text
Big data strategies, knowledge flow, and innovation
Buku “Big Data Strategies, Knowledge Flow, and Innovation” merupakan lanjutan dari buku kami sebelumnya yang berjudul: “Knowledge, Innovation, and Entrepreneurship (2015) dan Big Data and Strategic Entrepreneurship (2017)”. Big Data sebagai fondasi megatrends sebagai arah yangharus dipahami seorang pengambil keputusan, innovator, dan entrepreneur. Peran big data dalam dunia bisnis semakin nyata dan merupakan komoditas yang menjadi incaran para pebisnis, korporasi, dan negara (Unhelkar, 2018).
Dulu rempah-rempah, logam-logam, dan emas merupakan komoditas yang diperebutkan antarbangsa melalui penjajahan dan perdagangan (Choo & Moon, 2002). Kemudian minyak, gas, dan uranium menjadi komoditas yang sangat berharga hingga bisa memunculkan perang dalam rangka penguasaan sumber-sumber tersebut di atas. Sejak tahun 1974-1985, minyak menjadi keunggulan suatu bangsa. Stephen Leeb (2004) dalam bukunya The Oil Factor menyatakan “Oil is essential to all we do”. Kini data menjadi komoditas baru yang sudah mulai memunculkan keributan dan pertikaian. Konflik baru sangat mungkin muncul karena soal data. Sehingga secara berani kita menyatakan bahwa data sudah menjadi kekuatan yang luar biasa dari suatu organisasi maupun suatu bangsa atau negara. Data yang dimaksud diatas disebut big data (Bernard Marr, 2017; Unhelkar, 2018).
Didukung perkembangan perangkat komunikasi berupa internet dan perangkat bergerak (laptop,komputer, tablet, ponsel), informasi terus mengalir melalui berbagai media dan format. Data kegiatan (activity data) seperti aktivitas sederhana mendengarkan musik atau membaca buku kini menghasilkan data. Pemutar musik digital dan eBook mengumpulkan data tentang aktivitas perusahaan dan pelanggan. Ponsel cerdas (smartphones) Anda mengumpulkan data tentang bagaimana Anda menggunakannya dan browser web Anda mengumpulkan informasi tentang apa yang Anda cari. Perusahaan kartu kredit Anda mengumpulkan data tentang tempat Anda berbelanja dan toko Anda mengumpulkan data tentang apa yang Anda beli. Pada zaman sekarang sulit membayangkan aktivitas yang tidak menghasilkan data (The Economist, 2017).
Chris Lynch (Vertica System) menyatakan bahwa big data adalah fondasi dari semua megatrends yang akan terjadi hari ini, dari sosial media ke telepon genggam, cloud sampai pada permainan (gaming). Apabila dulu para artis hanya mengandalkan manajer, asisten, dan produser ketika hendak tampil, kini mereka membutuhkan analis data. Dulu pemilik butik mengandalkan buku dan media untuk menentukan pakaian yang hendak dipajang, kini mereka memerlukan analis data. Pebisnis restoran bisa memastikan jenis makanan yang hendak dijual karena rentetan data memberikan informasi yang valid tentang makanan yang lagi digemari saat ini.
Peter Sondergaard (Gartner Research) juga Daniel Keys Moran (Computer Programmer and Science Fiction Author) mempertegas bahwa “You can have data without information, but you cannot have information without data”. Kini, dasar semua keputusan, baik bisnis maupun politik, makin akurat karena ada data yang tersedia. Data itu bisa dibeli ataupun dikumpulkan sendiri. Pengumpulan data makin mudah karena perkembangan industri digital. Berbagai jenis gawai yang makin melekat dengan kehidupan manusia memberikan data mulai dari lokasi, transaksi bisnis, percakapan, teks, foto, dan video.
Buku ini akan membahas peran big data dalam dunia bisnis yang lagi trends. Big data adalah fondasi megatrends dan sumber knowledge (Chris Lynch). “Tidak ada inovasi tanpa knowledge”, kata Nonaka Takeuchi (1995). Sedangkan knowledge merupakan hal yang sangat mendasar yang berasal dari data, small data, dan big data. Sedangkan strategic entrepreneurship merupakan tindakan pencarian peluang (opportunities) bisnis dalam menciptakan daya saing (competitive advantage) suatu organisasi dengan menggunakan inovasi sebagai alat (tool) untuk mencapai tujuan terciptanya daya saing (competitive advantage) dalam organisasi. “Innovation adalah specific tool (alat) dari entrepreneurs’, kata Peter Drucker (1985). Adanya megatrend dan trends dari big data merupakan opportunity bagi seorang entrepreneurs.
Materi buku ini disusun berdasarkan skenario yang terintegrasi yakni yang dimulai dari pemahaman big data, pembagian data, data strategy, aplikasi data dalam praktik bisnis, dan generasi millenial, Knowledge Management (KM), Innovation Management dan Strategic Entrepreneurship.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
650. 028 5 PAS b | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Jakarta NT Corp., 2017 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | - |
ISBN/ISSN | 9786027305519 |
Klasifikasi | 650. 028 5 |
Deskripsi Fisik | - |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |