Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PERILAKU MENABUNG
YANG DIPENGARUHI OLEH
FINANCIAL LITERACY, PARENTAL
INFLUENCE, DAN PEER
INFLUENCE DENGAN SELFO...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Analisis Perilaku Menabung yang Dipengaruhi Oleh Financial Literacy, Parental Influence, dan Peer Influence Dengan Selfontrol Sebagai Mediasi Pada Generasi-Z di Jabodetabek

Analysis of Saving Behavior Influenced by Financial Literacy, Parental Influence, and Peer Influence with Self-control as Mediation among Generation Z in Jabodetabek.

Muhammad Azka Darodjatoen - ; Rizky Luxianto (Pembimbing/Promotor) - ; Rushli Fauzan (Penguji) - ; Maria Ulpah (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku menabung pada Generasi-Z di wilayah Jabodetabek dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, dengan fokus pada financial literacy, pengaruh orangtua, pengaruh teman sebaya, dan self-control sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode data primer melalui penggunaan kuesioner sebagai alat pengumpulan data.

Studi ini melibatkan sampel Generasi-Z yang berada di wilayah Jabodetabek. Responden dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling untuk memastikan representativitasnya. Kuesioner dirancang dengan pertanyaan terstruktur yang mencakup aspek-aspek yang relevan dengan perilaku menabung, termasuk tingkat financial literacy, pengaruh orangtua dan teman sebaya, serta tingkat self-control.

Data primer yang terkumpul dari kuesioner akan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang ada. Pengujian dibantu dengan platform IBM SPSS 29.0.1.0 untuk uji pre-test dan menggunakan platform SmartPLS 3.2.9 untuk pengujian data main test. Hasil penelitian menemukan bahwa 5 dari 6 hipotesis berpengaruh signifikan positif, yakni pada variabel parental influence terhadap financial literacy, peer influence terhadap financial literacy, financial literacy terhadap saving behaviour, financial literacy me-mediasi antara parental influence dan saving behaviour, dan financial literacy me-mediasi antara peer influence dan saving behaviour. Sedangkan variabel self- control me-moderasi hubungan antara financial literacy dan saving behaviour terbukti signifikan negatif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
13954PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekFinancial literacy
Generation Z
Saving Behavior
Parental influence
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvii, 58 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?