Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH IDOL
WORSHIP TERHADAP BRAND
LOYALTY KONSUMEN PENGGEMAR
KPOP IDOL DI INDONESIA
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023

Skripsi

Analisis Pengaruh Idol Worship terhadap Brand Loyalty Konsumen Penggemar Kpop Idol di Indonesia

Magdalena Christianti - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Sumiyarto (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Penguji) - ;

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh idol worship (BPA, PEV, BSR, RNS) terhadap brand loyalty dari merek yang menggunakan kpop idol sebagai celebrity endorser melalui brand passion dan brand attachment. Sampel yang digunakan adalah penggemar kpop idol yang pernah membeli atau menggunakan produk dari merek yang ditentukan atas dasar kesukaan kepada idola, dengan usia 20-39 tahun dan berdomisili di Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan melalui kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan secara online dan berhasil mengumpulkan sebanyak 307 responden. Data yang telah dikumpulkan, diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Smart PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand personality appeal, perceived emotional value, brand-based self-realization dan relatedness needs satisfaction memiliki pengaruh positif terhadap brand passion dan brand attachment, kecuali pada brand personality appeal yang tidak memiliki pengaruh pada brand attachment. Selain itu, brand passion ditemukan secara signifikan mempengaruhi brand attachment dan kedua variabel tersebut (BP, BA) memediasi hubungan variabel idol worship (BPA, PEV, BSR, RNS) dengan brand loyalty.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
13961PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekBrand loyalty
Idol Worship
Brand Personality Appeal
Perceived Emotional Value
Kpop Idol
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 123 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?