Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN VIRAL MARKETING DALAM
UPAYA KONSERVASI BUDAYA:
STUDI KASUS KETERLIBATAN GEN
Z DALAM KAMPANYE
#BERKAINBERSAMA DAN #...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Peran Viral Marketing Dalam Upaya Konservasi Budaya: Studi Kasus Keterlibatan Gen Z Dalam Kampanye #BerkainBersama dan #BerkainGembira Pada Platform Instagram

“The Role of Viral Marketing in Cultural Conservation Efforts: A Case Study of Generation Z Involvement in the #BerkainBersama and #BerkainGembira Campaigns on the Instagram Platform”

Aurelia Chairunnisa Harahap - ; Gita Gayatri (Pembimbing/Promotor) - ; Arga Hananto (Penguji) - ; Fandis Ekyawan (Penguji) - ;

Skripsi ini membahas peran sentral dari pemasaran berbentuk viral marketing dalam mendorong keterlibatan dari Generasi Z dalam gerakan konservasi budaya berbasis digital yang diinisiasi oleh Swara Gembira, khususnya kain tradisional Indonesia atau wastra. Selanjutnya, pembahasan akan difokuskan pada penggunaan call-to-action hashtag yakni #BerkainBersama dan #BerkainGembira yang dimaksudkan untuk mendorong komunitas online di Instagram agar kembali mengenakan kain tradisional pada kehidupan sehari-hari. Teori terkait marketing communication, cultural awareness, dan intention to wear digunakan untuk memahami isu yang akan diteliti. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan campuran dengan alat bantu berupa kuesioner tertutup yang disebarkan secara online melalui Google Form dan wawancara semi terstruktur. Data yang didapatkan dari survei online lalu dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM) pada software SmartPLS 4 sedangkan data hasil in-depth interview dianalisis menggunakan analisis tematik.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekGeneration Z
Viral marketing
Cultural conservation
Swara Gembira
Online social movement
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 149 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?