Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
IMPACT ANALYSIS OF EXPORT
PROMOTION PROGRAM TO
INDONESIA'S EXPORT
DIVERSIFICATION PRODUCT
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Impact Analysis of Export Promotion Program to Indonesia's Export Diversification Product

Analisa Dampak Program Promosi Ekspor terhadap Diversifikasi Produk Ekspor Indonesia

Abi Dewangga Perwityasmara - ; Mohamad Dian Revindo (Supervisor 1) - ; Diah Widyawati (Supervisor 2) - ; Mahyus Ekananda (Reviewer 1) - ; I Made Krisna Yudhana Wisnu Gupta (Reviewer 2) - ;

Kementerian Perdagangan memiliki tugas dalam melakukan diversifikasi produk ekspor yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Ditjen PEN Kementerian Perdagangan 2020-2024. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan promosi ekspor melalui Perwakilan Perdagangan di luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program promosi ekspor Perwakilan Perdagangan Indonesia melalui interaksi dengan restriksi perdagangan terhadap diversifikasi produk ekspor Indonesia. Kegiatan promosi Perwakilan Perdagangan dapat mengurangi trade cost melalui fasilitasi informational dan investment cost kepada eksportir. Fasilitasi perdagangan ini mampu menciptakan diversifikasi ekspor. Sampel penelitian terdiri dari 31 negara dengan periode tahun 2019-2021. Metode estimasi menggunakan Random Effect Model dan Poisson Pseudo Maximum Likelihood (PPML). Robustness check berhasil mengidentifikasi bahwa koefisien pada model penelitian adalah konsisten, dengan hasil Estimasi menunjukkan bahwa tanpa interaksi, program promosi ekspor tidak menghasilkan hasil empiris yang diinginkan, sedangkan menggunakan interaksi maka program promosi ekspor memiliki hubungan positif dan signifikan namun menolak null hipotesis karena tidak mampu meningkatkan diversifikasi ekspor melainkan meningkatkan konsentrasi ekspor produk Indonesia. Perwakilan Perdagangan telah berhasil menjalankan tugas yang menjadi tanggungjawabnya sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan 13/2021 dan Renstra, utamanya bertugas dalam meningkatkan ekspor nonmigas produk utama dan produk potensial / diversifikasi produk ekspor.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 020/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Graduate Program in Economics, Faculty of Economy and Business University of Indonesia 2023
Edisi-
SubjekExport Diversification
Trade representatives
Trade retrictiveness
Poisson pseudo maximum likelihood
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 87 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?