Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERAN CONGRUENCE, WISHFUL
IDENTIFICATION, DAN
PARASOCIAL RELATIONSHIP
TERHADAP PARASOCIAL
RELATIONSHIP, PURCHASE
INTENTI...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Peran Congruence, Wishful Identification, dan Parasocial Relationship terhadap Parasocial Relationship, Purchase Intention, dan Behavorial Loyalty dalam Konteks Live Shopping pada Fitur TikTok Live

The Role of Congruence, Wishful Identification, and Source Credibility on Parasocial Relationship, Consumer Purchase Intention, and Behavioral Loyalty on TikTok Live Shopping

Raya Jayawati Ratnawilis Amanah Notonegoro - ; Daniel Tumpal Hamonangan Aruan (Pembimbing/Promotor) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ; Nurdin Sobari (Penguji) - ;

"Live streaming commerce merupakan salah satu kanal penjualan yang saat ini kerap digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan dan menjualkan produk yang mereka miliki, seperti halnya produk fashion. TikTok merupakan salah satu platformce live streaming commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hingga saat ini, produk fashion merupakan jenis produk yang memiliki jumlah live streamer dengan ranking yang tinggi pada Fitur live Shopping yang terdapat pada platform TikTok. Melihat persaingan yang ketat di antara live streamer, peneliti melakukan penelusuran dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi parasocial relationship, purchase intention, dan behavioral loyalty konsumen pada konteks live streaming shopping.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data yang diperoleh dari 350 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok dan pernah menonton live streaming shopping pada TikTok. Data diperoleh menggunakan metode non-probability sampling dengan menyebarkan survei secara online. Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa semua hipotesis didukung oleh data yang diperoleh, kecuali terkait dengan pengaruh attractiveness dan expertise terhadap hubungan parasocial atau hubungan sepihak yang dirasakan oleh konsumen terhadap live streamer pada live streaming commerce TikTok. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktikal untuk para pebisnis dan live streamer, khususnya terkait dengan menumbuhkan parasocial relationship, purchase intention, dan behavioral loyalty konsumen TikTok Live."


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 027/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPurchase intention
Fashion
congruence
Source Credibility
Parasocial Relationship
Live shopping
TikTok live
Wishful identification
Behavorial royalty
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 98 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?