Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh karakteristik selebriti terhadap attitude toward celebrity endorsement dan intention to vote

Ahmad Kevin Prawira - ; Chairy (Pembimbing/Promotor) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ; Daniel Tumpal H. Aruan (Penguji) - ;

Tesis ini secara spesifik mendiskusikan pengaruh celebrity endorsement terhadap intention to vote para calon pemilih pada pemilihan presiden. Source credibility model merupakan teori yang digunakan sebagai dasar pada penelitian ini. Studi ini memodifikasi model dasar dengan menambahkan variabel celebrity familiarity dan celebrity likeability terhadap attitude toward celebrity endorsement dan intention to vote. Studi ini bertujuan untuk menggali lebih jauh variabel yang menentukan intention to vote pada pemilihan presiden. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui survei dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi responden adalah warga negara Indonesia yang berhak menjadi calon pemilih pada pemilihan presiden 2024. Data diperoleh dari 140 responden dan diolah dengan teknik analisis data partial least square structural equation model (PLS-SEM). Pada penelitian empiris ini, ditemukan bahwa celebrity familiarity memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to vote baik secara langsung atau tidak langsung melalui attitude toward celebrity endorsement. Celebrity trustworthiness dan celebrity expertise memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to vote secara tidak langsung melalui attitude toward celebrity endorsement. Hasil penelitian ini diharapkan menambah literatur mengenai pemasaran politik yang menerapkan dukungan selebriti. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan oleh politikus dan tim kampanye adalah memakai celebrity endorser yang dipercaya, memiliki keahlian, dan dikenal dengan baik dalam mengampanyekan presiden.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 1481PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022
Edisi-
SubjekPolitical marketing
Intention to vote
Celebrity endorsement
PLS-SEM
source credibility model
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 139p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm
Info Detail SpesifikTESIS PPIM
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?