Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH KOMPETENSI GURU
TERHADAP HASIL ASESMEN
NASIONAL SEKOLAH DASAR TAHUN
2021
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Asesmen Nasional Sekolah Dasar Tahun 2021

The Effect of Teacher Competency on Elementary School National Assessment: Analysis at District Level In Indonesia

Amelia Wahyu Puspitaningtyas - ; Thia Jasmina (Pembimbing/Promotor) - ; Dwini Handayani (Penguji) - ; Hera Susanti (Penguji) - ;

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kompetensi siswa yang diukur dengan Asesmen Nasional (AN) sebagai standardized test terbaru yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek. Hasil AN tertuang dalam platform Rapor Pendidikan. Dalam sistem pendidikan, guru memiliki peran krusial dalam memastikan proses pembelajaran berjalan dengan optimal. Oleh karena itu, pengetahuan tentang pengaruh kompetensi guru terhadap kompetensi siswa dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris terkait hubungan kompetensi guru dengan hasil AN jenjang SD pada tahun 2021 terutama kompetensi literasi dan numerasi siswa, beserta faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan adalah regresi logistik dengan variabel dependen berupa capaian kompetensi literasi dan numerasi siswa pada tingkat kabupaten/kota. Variabel independen penelitian ini terdiri dari kompetensi guru sebagai variabel independen utama yang digambarkan dengan persentase guru yang bersertifikat, sedangkan variabel independen kontrol terdiri dari karakteristik guru, karakteristik sekolah, karakteristik sosial-ekonomi, dan karakteristik wilayah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara kompetensi guru dengan kompetensi literasi dan numerasi siswa. Variabel kontrol yang signifikan terhadap kompetensi literasi terdiri dari rasio guru siswa, akreditasi sekolah, akses internet sekolah, usia harapan hidup, dan letak geografis kabupaten/kota, sedangkan pada kompetensi numerasi hanya variabel akses listrik dan internet sekolah, serta usia harapan hidup dan pengeluaran perkapita yang signifikan.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 039/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Un 2023
Edisi-
SubjekTeachers' competence
Students' competence
National assessment
Elementary school
Teachers' certification
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 77 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?