Tesis
The Influence of Social Commerce Trust and Satisfaction towards Purchasing Behavior of TikTok Consumers in Indonesia
"Tiktok merupakan salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna paling banyak di dunia dan popularitas aplikasi ini terus meningkat seiring dengan berkembangnya platform tersebut. TikTok merupakan aplikasi yang mengintegrasikan media sosial dengan e-commerce. Fitur-fitur yang dikembangkan membantu penggunanya menggunakan media sosial sekaligus berbelanja online. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis anteseden dari kepercayaan social commerce TikTok (social media activities, consumer review quality, social support, dan surface credibility) terhadap kepuasan dan pengaruhnya pada perilaku pembelian di platform tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 271 pengguna aktif TikTok yang pernah berbelanja di TikTok Shop. Data responden kemudian dianalisis menggunakan software SPSS dan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel consumer review quality, social support, dan surface credibility terhadap kepercayaan. Sebaliknya, variabel social media activities tidak berpengaruh pada kepercayaan pengguna. Terdapat pengaruh positif dari surface credibility dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen, serta pengaruh positif dari kepercayaan dan kepuasan terhadap perilaku pembelian konsumen TikTok di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi pada literatur terkait kepercayaan, kepuasan, dan perilaku pembelian pada platform social commerce, serta beberapa saran mengenai implikasi praktikal bagi pelaku usaha yang menggunakan social commerce."
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 050/23 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Social commerce Satisfaction Purchase behavior TikTok Social commerce trust |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 83 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |