Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH SOCIAL COMMERCE
TRUST DAN SATISFACTION
TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN
KONSUMEN TIKTOK DI INDONESIA
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Pengaruh Social Commerce Trust dan Satisfaction terhadap Perilaku Pembelian Konsumen TikTok di Indonesia

The Influence of Social Commerce Trust and Satisfaction towards Purchasing Behavior of TikTok Consumers in Indonesia

Nur Islah Prestyasih - ; Sri Rahayu - ; Rizal Edy Halim (Penguji) - ; Triana Rahajeng Hadiprawoto (Penguji) - ;

"Tiktok merupakan salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna paling banyak di dunia dan popularitas aplikasi ini terus meningkat seiring dengan berkembangnya platform tersebut. TikTok merupakan aplikasi yang mengintegrasikan media sosial dengan e-commerce. Fitur-fitur yang dikembangkan membantu penggunanya menggunakan media sosial sekaligus berbelanja online. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis anteseden dari kepercayaan social commerce TikTok (social media activities, consumer review quality, social support, dan surface credibility) terhadap kepuasan dan pengaruhnya pada perilaku pembelian di platform tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 271 pengguna aktif TikTok yang pernah berbelanja di TikTok Shop. Data responden kemudian dianalisis menggunakan software SPSS dan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel consumer review quality, social support, dan surface credibility terhadap kepercayaan. Sebaliknya, variabel social media activities tidak berpengaruh pada kepercayaan pengguna. Terdapat pengaruh positif dari surface credibility dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen, serta pengaruh positif dari kepercayaan dan kepuasan terhadap perilaku pembelian konsumen TikTok di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi pada literatur terkait kepercayaan, kepuasan, dan perilaku pembelian pada platform social commerce, serta beberapa saran mengenai implikasi praktikal bagi pelaku usaha yang menggunakan social commerce."


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 050/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekSocial commerce
Satisfaction
Purchase behavior
TikTok
Social commerce trust
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 83 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?