Text
Praktek human resources outsourcing (HRO) (alih daya SDM) : hubungan antara aktivitas (fungsi) HR Outsourcing, kepuasan kerja HR outsourcing, dan loyalitas klien pada organisasi sektor swasta di Indonesia
HR Outsourcing (Alih Daya SDM) diidentifikasikan sebagai pendelegasian tugas non-inti (non-core tasks) maupun tugas inti (core-tasks) SDM melalui perjanjian di mana suatu perusahaan mempekerjakan perusahaan lain (outsourcing) untuk bertanggung jawab atas aktivitas pelayanan yang direncanakan dan terkadang melibatkan transfer karyawan dan asset, dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggali isu dan tantangan manajemen SDM, faktor yang mempengaruhi keputusan perusahaan menggunakan produk HR outsourcing, aktivitas (fungsi) HR outsourcing apa saja yang dapat dialihdayakan, efektivitas HR outsourcing dari perspektif kualitas layanan dan loyalitas atau hubungan kontrak HR outsourcing dengan perusahaan klien, serta manfaat dan risiko penggunaan HR outsourcing dalam industri di Indonesia, dan lain-lain. Metodologi penelitian ini adalah studi kuantitatif berlandaskan konseptualisasi teoritis, literatur dan informasi yang dikumpulkan melalui kuesioner survey serta kumpulan data kualitas kinerja dan kepuasan layanan HR Outsourcing. Semua variabel diukur dengan skala Likert menggunakan kuesioner yang disirkulasikan kepada 101 responden perusahaan sektor swasta di Indonesia yang telah mengalihdayakan fungsi SDM mereka. Program Smart PLS-SEM digunakan untuk konfirmasi dan validasi skala. Temuan menunjukkan bahwa manfaat fungsi HR outsourcing, kepercayaan berorientasi sosial HR outsourcing, kekhususan kontrak HR outsourcing, dan perilaku komunikasi HR outsourcing berpengaruh secara positif terhadap kepuasan kerja HR outsourcing dan loyalitas klien dari sudut pandang para praktisi HR level manajerial pengguna HR outsourcing pada organisasi sektor swasta di Indonesia, di mana pengaruh dukungan kualitas layanan fungsi HR outsourcing dan kepuasan kerja HR outsourcing menunjukkan peningkatan siginifikan terhadap loyalitas klien (kualitas-kepuasan-loyalitas) walaupun masih memerlukan beberapa perbaikan kualitas operasional dan penyelarasan sumber daya.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 1488 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2022 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | HR outsourcing activities (functions) HRO job satisfaction client loyalty in private sector HRO benefits and challenges factors |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiv, 206p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm |
Info Detail Spesifik | TESIS PPIM |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |