Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS USABILITY DAN
RESPONSIVENESS CHATBOT
DENGAN ARTIFICIAL
INTELLIGENCE PADA ONLINE
CUSTOMER EXPERIENCE DI
INDUSTRI...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Analisis Usability dan Responsiveness Chatbot dengan Artificial Intelligence pada Online Customer Experience di Industri Keuangan dan Perbankan Indonesia

Analysis of Usability and Responsiveness of AI-powered Chatbots on Online Customer Experience in Indonesia's Financial and Banking Industry.

Resha Putra Maheswara - ; Agung Nugroho (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ; Yeshika Alversia (Penguji) - ;

Evolusi teknologi yang cepat, terutama kecerdasan buatan (AI), telah mengubah customer experience dan menciptakan peluang besar bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan menggunakan chatbot. Studi ini mengeksplorasi peran chatbot dengan artificial intelligence dalam memengaruhi online customer experience dan customer satisfaction di industri keuangan dan perbankan. Sampel pada penelitian ini adalah WNI dengan rentang usia 17 hingga 64 tahun yang sudah pernah berinteraksi secara langsung dengan chatbot yang ditenagai artificial intelligence. Terdapat 285 data responden yang dipergunakan dalam analisis penelitian ini yang didapat menggunakan metode purposive sampling dan kemudian diolah menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM) berupa SmartPLS 3. penelitian ini menyajikan dampak dari usability dan responsiveness chatbot dengan artificial intelligence pada online customer experience di industri keuangan dan perbankan Indonesia yang dapat menjadi referensi manajerial untuk mengambil keputusan terkait dengan adopsi chatbot dengan artificial intelligence. Penelitian ini memperluas pemahaman tentang online customer experience dengan chatbot di industri keuangan dan perbankan Indonesia. Selanjutnya juga dilakukan multi-group analysis dengan pembagian grup antara Generasi Y dan Generasi Z. Selain itu, pada penelitian ini memberikan bukti empiris dengan menunjukkan bahwa extrinsic dan intrinsic values dari online customer experience dapat ditingkatkan dengan adopsi chatbot.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14063PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekTechnology acceptance model
Artificial intelligence
Chatbot
Financial and Banking Industry
Information System Success Model
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 145 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?