Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Conspicuous online consumption on Millenial And Z Generation In Indonesia

Dennis T. - ; Nurdin Sobari (Pembimbing/Promotor) - ; T. Ezni Balqiah (Penguji) - ; Gita Gayatri (Penguji) - ;

Media sosial sudah menjadi kebutuhan primer bagi Generasi Milenial dan Generasi Z di Indonesia. Intesitas penggunaan media sosial pada kedua generasi ini mengasumsikan bahwa Generasi Milenial dan Z di Indonesia memiliki Conspicuous Consumption pada gaya hidupnya, salah satu bentuk Conspicuous Consumption adalah pembelian barang mewah. Melihat trend Platform media sosial yang saat ini digandrungi Generasi Milenial dan Z adalah Youtube. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Conspicuous Online Consumption yang diukur melalui beberapa variabel seperti Social Media Usage, Self-Image Congruity, dan Self-Esteem. Penelitian dengan metode kuantitatif dengan jenis Penelitian Deskriptif dipergunakan dalam penelitian ini. Generasi Milenial atau Z yang memiliki akun Youtube dan pernah membeli barang mewah yang tidak diketahui jumlahnya menjadi Populasi dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 420 responden dengan proporsi 210 sampel per generasi. Nonprobability sampling dan dan teknik convenience sampling menggunakan rumus Maximum likelihood menjadi metode sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan PLS- SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 4 dari hipotesis yang dibangun didukung dan satu ditolak. Temuan dari penelitian ini menunjukan Social media Usage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self-Image Generasi Milenial dan Z di Indonesia, Social Media juga secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Conspicuous Online Consumption, Self-Image secara positif dan signifikan berpengaruh pada Conspicuous Online Consumption pada Generasi Milenial dan Z di Indonesia, Dari pengaruh mediasi ditemukan bahwa Self-Image Congruity memediasi hubungan Social Media Usage terhadap Conspicuous Online Consumption dengan signifikan. Terakhir, dari pengaruh moderasi, Self-Esteem gagal dalam memoderasi hubungan Social Media Usage terhadap Conspicuous Online Consumption.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 1491PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022
Edisi-
SubjekLuxury brand
Luxury goods
conspicuous online consumption
social media usage
self-Image
self-esteem
millenial, Gen Z
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikx, 111p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm
Info Detail SpesifikTESIS PPIM
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?