Text
Conspicuous online consumption on Millenial And Z Generation In Indonesia
Media sosial sudah menjadi kebutuhan primer bagi Generasi Milenial dan Generasi Z di Indonesia. Intesitas penggunaan media sosial pada kedua generasi ini mengasumsikan bahwa Generasi Milenial dan Z di Indonesia memiliki Conspicuous Consumption pada gaya hidupnya, salah satu bentuk Conspicuous Consumption adalah pembelian barang mewah. Melihat trend Platform media sosial yang saat ini digandrungi Generasi Milenial dan Z adalah Youtube. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Conspicuous Online Consumption yang diukur melalui beberapa variabel seperti Social Media Usage, Self-Image Congruity, dan Self-Esteem. Penelitian dengan metode kuantitatif dengan jenis Penelitian Deskriptif dipergunakan dalam penelitian ini. Generasi Milenial atau Z yang memiliki akun Youtube dan pernah membeli barang mewah yang tidak diketahui jumlahnya menjadi Populasi dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 420 responden dengan proporsi 210 sampel per generasi. Nonprobability sampling dan dan teknik convenience sampling menggunakan rumus Maximum likelihood menjadi metode sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan PLS- SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 4 dari hipotesis yang dibangun didukung dan satu ditolak. Temuan dari penelitian ini menunjukan Social media Usage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self-Image Generasi Milenial dan Z di Indonesia, Social Media juga secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Conspicuous Online Consumption, Self-Image secara positif dan signifikan berpengaruh pada Conspicuous Online Consumption pada Generasi Milenial dan Z di Indonesia, Dari pengaruh mediasi ditemukan bahwa Self-Image Congruity memediasi hubungan Social Media Usage terhadap Conspicuous Online Consumption dengan signifikan. Terakhir, dari pengaruh moderasi, Self-Esteem gagal dalam memoderasi hubungan Social Media Usage terhadap Conspicuous Online Consumption.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
MA 1491 | PSB lt.dasar - Pascasarjana | 1 |
Penerbit | Depok Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2022 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Luxury brand Luxury goods conspicuous online consumption social media usage self-Image self-esteem millenial, Gen Z |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | x, 111p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm |
Info Detail Spesifik | TESIS PPIM |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |