Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK
JAUH DI MASA PANDEMI
COVID-19 TERHADAP CAPAIAN
NILAI SISWA SEKOLAH MENENGAH
ATAS DALAM MENGAKS...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Dampak Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Capaian Nilai Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Mengakses Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

The Impact of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic on High School Students' Academic Achievement in Accessing Public Universities in Indonesia

Dewi Anggraeni - ; Hera Susanti (Penguji) - ; Jahen Fachrul Rezki (Penguji) - ; Thia Jasmina (Penguji) - ;

Pandemi Covid-19 telah memberikan berbagai perubahan dalam setiap aspek kehidupan termasuk dalam pendidikan. Penerapan metode pembelajaran jarak jauh yang diterapkan secara darurat dan tiba-tiba menimbulkan berbagai kendala yang disinyalir berdampak pada kualitas pembelajaran bagi siswa. Dengan menggunakan data UTBK tahun 2020-2022, penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pembelajaran jarak jauh terhadap capaian nilai siswa sekolah menengah atas di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumental Variable (IV), dimana capaian vaksinasi dosis kedua Covid-19 digunakan sebagai variabel instrumen. Hasil regresi tahap pertama menemukan hubungan yang signifikan antara vaksinasi Covid-19 dosis kedua dengan lamanya pembelajaran jarak jauh. Sementara, hasil regresi tahap kedua memperlihatkan penurunan nilai siswa yang diakibatkan oleh penambahan lamanya pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini juga melihat capaian nilai siswa dari sisi kemampuan kuantitatif, membaca dan menulis, penalaran umum serta pengetahuan dan pemahaman umum siswa. Pada bagian akhir, penelitian ini memberikan rekomendasi yang sebaiknya dilakukan pemerintah untuk meminimalisir dampak penurunan capaian pembelajaran siswa dalam jangka panjang.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 086/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Un 2023
Edisi-
SubjekCovid-19
Distance learning
Test score
Learning loss
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 81 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?