Tesis
The Impact of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic on High School Students' Academic Achievement in Accessing Public Universities in Indonesia
Pandemi Covid-19 telah memberikan berbagai perubahan dalam setiap aspek kehidupan termasuk dalam pendidikan. Penerapan metode pembelajaran jarak jauh yang diterapkan secara darurat dan tiba-tiba menimbulkan berbagai kendala yang disinyalir berdampak pada kualitas pembelajaran bagi siswa. Dengan menggunakan data UTBK tahun 2020-2022, penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pembelajaran jarak jauh terhadap capaian nilai siswa sekolah menengah atas di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumental Variable (IV), dimana capaian vaksinasi dosis kedua Covid-19 digunakan sebagai variabel instrumen. Hasil regresi tahap pertama menemukan hubungan yang signifikan antara vaksinasi Covid-19 dosis kedua dengan lamanya pembelajaran jarak jauh. Sementara, hasil regresi tahap kedua memperlihatkan penurunan nilai siswa yang diakibatkan oleh penambahan lamanya pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini juga melihat capaian nilai siswa dari sisi kemampuan kuantitatif, membaca dan menulis, penalaran umum serta pengetahuan dan pemahaman umum siswa. Pada bagian akhir, penelitian ini memberikan rekomendasi yang sebaiknya dilakukan pemerintah untuk meminimalisir dampak penurunan capaian pembelajaran siswa dalam jangka panjang.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
T 086/23 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Un 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Covid-19 Distance learning Test score Learning loss |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xii, 81 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | Tesis |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |