Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
No image available for this title

Text

Pengaruh dari persepsi lingkungan dinamis terhadap keunggulan bersaing dan kinerja melalui peran orientasi digital, kapabilitas digital dan inovasi digital UMKM Industri FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) di Indonesia

Anggit Primadita Karina - ; Rifelly Dewi Astuti (Pembimbing/Promotor) - ; Ruslan Prijadi (Penguji) - ; Elok Savitri Pusparini (Penguji) - ;

Inovasi menjadi dasar bagi infrastruktur digital baru di kalangan bisnis. Organisasi perlu mengembangkan orientasi digital dan kapabilitas digital dalam membangun inovasi digital. Peningkatan ketiga faktor tersebut diharapkan meningkatkan keunggulan kompetitif dan kinerja, khususnya di UMKM industri FMCG. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran dari persepsi lingkungan bisnis dinamis terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja melalui orientasi digital, kapabilitas digital dan inovasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dikumpulkan dari 216 UMKM FMCG di Indonesia. Kami bermaksud untuk mencari hubungan antara masing-masing variabel dan kesimpulan dari penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi lingkungan dinamis terhadap orientasi digital dan kapabilitas digital. Selain itu, orientasi digital dan kapabilitas digital memiliki hubungan positif langsung yang signifikan terhadap inovasi digital dan inovasi digital memiliki hubungan positif langsung yang signifikan terhadap mediasi kinerja dengan keunggulan kompetitif. Namun, orientasi digital dan kapabilitas digital tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Beberapa faktor yang menghambat orientasi digital dan kapabilitas digital antara lain keterbatasan sumber daya yang dimiliki dan ketidaksiapan UMKM FMCG dalam memanfaatkan secara langsung orientasi digital dan kapabilitas digitalnya untuk menjadi keunggulan kompetitif.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
MA 1497PSB lt.dasar - Pascasarjana1
PenerbitDepok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2022
Edisi-
SubjekCompetitive advantage
Firm performance
Digital Innovation
Dynamic environment
Digital Capability
digital orientation
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 175p; chart, tables, graphics, appendix, 30cm
Info Detail SpesifikTESIS PPIM
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?