Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI SIKAP KONSUMEN
MUSLIM TERHADAP STREET FOOD
YANG BERWISATA DI DAERAH
MAYORITAS PENDUDUK...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Muslim Terhadap Street Food yang Berwisata di Daerah Mayoritas Penduduk Non-Muslim (Studi Kasus di Indonesia)

Analysis of Factors Influencing Attitudes of Muslim Consumers Towards Street Food When Traveling in Non-Muslim Majority Areas (Case Study in Indonesia)

Baldatano Ayumi - ; Hapsari Setyowardhani (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Daryanti (Penguji) - ; Rambat Lupiyoadi (Penguji) - ;

Sebagai seorang mukmin kita diwajibkan untuk mengonsumi makanan halal dan thayyib. Muslim harus memperhatikan konsumsinya dalam kehidupan sehari-hari baik yang sifatnya rutin seperti makanan sehari-hari dirumah, maupun insidental seperti saat berwisata kuliner di berbagai destinasi wisata. Salah satu daya tarik berwisata adalah makanan lokal, makanan ini banyak dijual dalam bentuk street food. Street food memberikan cara paling murah atau terjangkau dalam memberikan makanan bergizi seimbang untuk banyak orang yang ingin mendapatkan makanan di luar rumah. Tidak hanya itu street food dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat setempat maupun turis untuk mendapatkan makanan yang beragam. Oleh karena itu memahami attitude wisatawan dan perilaku konsumsi terhadap street food akan menguntungkan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan menganalisis pengaruh perceived risk, perceived benefit, behavior tendency, religiosity, health Consumption Value, halal awareness, attitude toward street food dan intention to consume street food terhadap sikap konsumen di daerah mayoritas penduduk non-muslim. Pengambilan data dilakukan dengan metode purposive sampling menggunakan survei online yang sebarkan melalui berbagai media sosial, dengan umur 18-55 tahun. Sebanyak 248 responden terkumpul yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Behavioral tendency, Health Value Consumption, dan Perceived Benefit memiliki pengaruh signifikan terhadap Attitude toward street food, sedangkan variabel perceived risk, halal awareness, dan religiosity tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Attitude toward street food. Penelitian ini dapat membantu praktisi atau pelaku usaha street food dalam membuat strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis street food


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14152PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Street Food
Attitude Toward Street Food
Culinary food
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 148 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?