Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PERANAN BANTUAN OPERASIONAL
PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI TERHADAP
AKSES LAYANAN PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI D...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Peranan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Akses Layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia

The Role of Operational Assistance for Early Childhood Education (Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD) to Preschool Enrollment in Indonesia

Lusi Repina Simarmata - ; Khoirunurrofik (Pembimbing/Promotor) - ; Dwini Handayani (Penguji) - ; Hera Susanti (Penguji) - ;

Pertumbuhan dan perkembangan otak terjadi paling besar pada masa usia dini (0-6 tahun). Untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan otak optimal, diperlukan adanya stimulasi-stimulasi dan rangsangan-rangsangan yang tepat. Adanya keterbatasan pengetahuan dan informasi bagi orang tua dalam proses tumbuh dan kembang anak usia dini, maka langkah yang tepat bagi orang tua adalah memasukkan anak ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Intervensi Pemerintah diperlukan untuk dapat memperluas peningkatan akses layanan PAUD di Indonesia, salah satunya dengan pemberian BOP PAUD kepada penyelenggara PAUD. BOP PAUD merupakan bantuan pendidikan dari pemerintah pusat yang diberikan untuk membantu kebutuhan operasional nonpersonalia PAUD. Penelitian ini membahas hubungan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Indonesia. BOP PAUD per siswa diuji dengan beberapa variabel kontrol dan ditemukan hasil bahwa BOP PAUD per siswa tidak memiliki hubungan signifikan terhadap APK PAUD. Sedangkan, variabel sekolah, rasio murid guru dan rumah tangga perkotaan dengan status rumah sendiri memiliki hubungan yang signifikan terhadap APK PAUD.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 208/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Perencanaan Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uni 2023
Edisi-
Subjekearly childhood education
Gross enrolment participation
BOP PAUD
Educational assistance
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikix, 55 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?