Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANTECEDENTS OF CUSTOMER
ENGAGEMENT AND PURCHASE
INTENTION OF FOOD AND
BEVERAGE PRODUCTS ON LIVE
STREAMING COMMERCE
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Antecedents of Customer Engagement and Purchase Intention of Food and Beverage Products on Live Streaming Commerce

Anteseden Keterlibatan Pelanggan Dan Niat Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Di Live Streaming Commerce

Ira Iriyanty (Penguji) - ; Sheila Griselda - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Maraknya fenomena live streaming commerce telah menarik kehadirannya di Indonesia karena telah mengubah cara pemasaran dari tradisional menjadi digital. Di Indonesia, ekspansi live streaming tercermin dari pesatnya pertumbuhan jumlah penjual yang masuk ke pasar dan pertumbuhan transaksi jual beli melalui live selling. Meneliti keterlibatan pelanggan dan niat membeli pada live streaming penting bagi penjual untuk mempercepat upaya pemasaran yang selaras dengan perilaku customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Customer Engagement dan Purchase Intention masyarakat Indonesia dalam berbelanja produk makanan dan minuman di TikTok live streaming dengan menerapkan teori Stimulus-Organism-Response (SOR). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan survei online dan dibagikan kepada masyarakat Indonesia yang menggunakan TikTok, berusia antara 18-26 tahun dan pernah menonton produk makanan dan minuman secara live streaming minimal satu kali dalam tiga bulan terakhir. Terdapat 256 responden yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan software PLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel faktor stimulus (Real-Time Interaction, Perceived Proximity, dan Perceived Authenticity) berpengaruh positif terhadap faktor organism (Emotional Support) dan berhubungan dengan faktor response (Customer Engagement dan Purchase Intention). Selanjutnya, terdapat hubungan positif antara faktor stimulus Real-Time Interaction dan Perceived Authenticity) ke Customer Engagement dan Purchase Intention yang dimediasi oleh Emotional Support. Nilai pengaruh terbesar terlihat pada Customer Engagement yang berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, sedangkan Perceived Proximity terbukti berpengaruh negatif terhadap Informational Support.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14471PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekConsumer behavior
Purchase intention
Customer engagement
TikTok
Live streaming commerce
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 154 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?