Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH LITERASI
KEUANGAN SYARIAH DAN
RELIGIUSITAS MELALUI
PLATFORM MEDIA SOSIAL
INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN
...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Religiusitas Melalui Platform Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Nasabah Generasi Z dan Generasi Milenial Menggunakan Produk Perbankan Syariah

Analysis of the Influence of Islamic Financial Literacy and Religiosity Through the Instagram Social Media Platform on the Decisions of Generation Z and Millennial Generation Customers to Use Islamic Banking Products

Fahra Nadya Saputri - ; Mohamad Soleh Nurzaman (Pembimbing/Promotor) - ; Evony Silvino Violita (Penguji) - ; Muhammad Budi Prasetyo (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah dan religiusitas melalui platform media sosial instagram terhadap keputusan nasabah generasi z dan generasi milenial untuk menggunakan produk perbankan syariah. Model AIDA digunakan untuk menggambarkan proses keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan analisis data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 136 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji one sample t-test dan regresi linier berganda. Penelitian ini menghasilkan bahwa literasi keuangan syariah mempunyai pengaruh signifikan dalam mempengaruhi nasabah untuk menggunakan produk perbankan syariah melalui platform media sosial instagram, sedangkan variabel religiusitas tidak berpengaruh signifikan. Penelitian ini juga menghasilkan bahwa media sosial instagram mempunyai efektivitas yang tinggi dalam mempengaruhi awareness, interest, dan desire generasi z dan milenial untuk menggunakan produk perbankan syariah, sedangkan pada tahap action mempunyai efektivitas sedang.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14267PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekIslamic banking
Religiosity
Millennial Generation
Generation Z
Islamic Financial Literacy
Instagram Social Media
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 113 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?