Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI NIAT BERKUNJUNG
GENERASI Z MUSLIM INDONESIA
TERHADAP HALAL TOURISM DI
NEGARA MINORITAS...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Berkunjung Generasi Z Muslim Indonesia terhadap Halal Tourism di Negara Minoritas Muslim. Studi Komparasi: Jepang dan Korea Selatan

Analysis of Factors Influencing Intentions to Visit Generation Z of Indonesian Muslims towards Halal Tourism in Muslim Minority Countries. Comparative Study: Japan and South Korea

Shifa Yuswita Putri - ; Anna Amalyah Agus (Pembimbing/Promotor) - ; Liyu Adhi Kasari Sulung (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Jumlah konsumsi umat Muslim dunia terus meningkat seiring dengan meningkatnya populasi Muslim dunia. Meningkatnya tingkat konsumsi Muslim di dunia turut serta mendorong pertumbuhan industri halal. Salah satu sektor industri halal yang dikembangkan menjadi pasar baru yang menjanjikan adalah sektor pariwisata halal. Negara dengan penduduk mayoritas Muslim dan non-Muslim mulai memanfaatkan peluang dari pasar wisatawan Muslim, termasuk Jepang dan Korea Selatan. Negaranegara dengan populasi Muslim minoritas, seperti Jepang dan Korea Selatan, mungkin memiliki keunggulan kompetitif yang kurang kuat dalam pengembangan pariwisata halal. Namun realitanya, banyak wisatawan Muslim, khususnya wisatawan Muslim Indonesia, yang melakukan kunjungan ke kedua negara tersebut. Pada penelitian ini telah dilakukan studi komparasi antara niat berkunjung generasi Z Muslim Indonesia ke negara Jepang dan Korea Selatan sebagai negara yang berada di Asia Tenggara dengan total populasi Muslim yang minoritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Halal Awareness, Destination Image, Destination Trust, dan Travel Motivation terhadap Visiting Intention serta melihat pengaruh Religiosity sebagai variabel anteseden. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif deskriptif dengan single cross-sectional design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu, Warga Negara Indonesia, beragama Muslim, berusia 14-26 tahun, dan tertarik dengan Jepang dan atau Korea Selatan. Diperoleh 296 sampel untuk negara Jepang dan 267 sampel untuk Korea Selatan. Data pada penelitian ini diolah menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil pada penelitian menunjukkan Destination Image, Destination Trust, dan Travel Motivation berpengaruh terhadap Visiting Intention generasi Z Muslim Indonesia ke Jepang dan Korea Selatan. Religiosity mempengaruhi Halal Awareness, Destination Image, dan Travel Motivation ke Jepang dan untuk Korea Selatan Religiosity mempengaruhi Halal Awareness dan Destination Image. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi pelaku industri pariwisata di Jepang dan Korea Selatan untuk memaksimalkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan Muslim.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14262PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekJapan
South Korea
Religiosity
Halal tourism
Visiting Intention
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 175 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?