Skripsi
Bagaimana Mahasiswa Bisa Terdorong Untuk Menggunakan Bank Syariah? Analisis Berdasarkan Survei Eksperimen
Meskipun telah berkembang selama lebih dari 30 tahun, pangsa pasar bank syariah di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan bank konvensional. Untuk itu, diperlukan peningkatan jumlah nasabah dengan cara menarik nasabah baru, salah satunya dengan menggunakan pemasaran. Meskipun sudah banyak penelitian yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bank syariah, belum banyak penelitian yang membahas peran strategi pesan dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi pesan dalam pemasaran untuk menarik nasabah baru dengan fokus pada pesan yang disampaikan pada calon nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, di mana data dikumpulkan dengan metode survei eksperimen dan dianalisis dengan menggunakan uji proporsi Z dan regresi logistik. Survei eksperimen dilakukan secara daring pada 905 mahasiswa sebagai calon nasabah potensial, dengan satu kelompok kontrol dan empat kelompok intervensi yang menerima informasi tentang bank syariah dengan tambahan informasi terkait agama, dampak sosial, influencer, dan keunggulan layanan. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa intervensi influencer secara signifikan dan positif meningkatkan kemungkinan mahasiswa membuka akun di bank syariah. Di sisi lain, mahasiswa yang memiliki pengaruh orang tua yang tinggi, beragama Islam, dan berkuliah di universitas Islam memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membuka akun di bank syariah. Dari temuan ini, bank syariah direkomendasikan untuk menggunakan influencer untuk menarik minat mahasiswa, terutama yang beragama Islam dan berkuliah di universitas Islam, sebagai calon nasabah potensial. Hasil penelitian juga diharapkan memperkaya literatur akademik terkait strategi pesan dalam pemasaran bank syariah.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
14307 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Islamic banks Message strategy Experimental survey |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xiii, 79 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |