Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
BAGAIMANA MAHASISWA BISA
TERDORONG UNTUK MENGGUNAKAN
BANK SYARIAH? ANALISIS
BERDASARKAN SURVEI
EKSPERIMEN
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Bagaimana Mahasiswa Bisa Terdorong Untuk Menggunakan Bank Syariah? Analisis Berdasarkan Survei Eksperimen

How Can Students be Encouraged to Use Islamic Banks? Analysis Based on Experimental Surveys

Rayhan Ali Rachman - ; Tika Arundina Aswin (Pembimbing/Promotor) - ; Rahmatina Awaliah Kasri (Penguji) - ; Kenny Devita Indraswari (Penguji) - ;

Meskipun telah berkembang selama lebih dari 30 tahun, pangsa pasar bank syariah di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan bank konvensional. Untuk itu, diperlukan peningkatan jumlah nasabah dengan cara menarik nasabah baru, salah satunya dengan menggunakan pemasaran. Meskipun sudah banyak penelitian yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bank syariah, belum banyak penelitian yang membahas peran strategi pesan dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi pesan dalam pemasaran untuk menarik nasabah baru dengan fokus pada pesan yang disampaikan pada calon nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, di mana data dikumpulkan dengan metode survei eksperimen dan dianalisis dengan menggunakan uji proporsi Z dan regresi logistik. Survei eksperimen dilakukan secara daring pada 905 mahasiswa sebagai calon nasabah potensial, dengan satu kelompok kontrol dan empat kelompok intervensi yang menerima informasi tentang bank syariah dengan tambahan informasi terkait agama, dampak sosial, influencer, dan keunggulan layanan. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa intervensi influencer secara signifikan dan positif meningkatkan kemungkinan mahasiswa membuka akun di bank syariah. Di sisi lain, mahasiswa yang memiliki pengaruh orang tua yang tinggi, beragama Islam, dan berkuliah di universitas Islam memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk membuka akun di bank syariah. Dari temuan ini, bank syariah direkomendasikan untuk menggunakan influencer untuk menarik minat mahasiswa, terutama yang beragama Islam dan berkuliah di universitas Islam, sebagai calon nasabah potensial. Hasil penelitian juga diharapkan memperkaya literatur akademik terkait strategi pesan dalam pemasaran bank syariah.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14307PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekIslamic banks
Message strategy
Experimental survey
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 79 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?