Skripsi
Passenger Satisfaction sebagai Mediasi terhadap Service Quality dan Behavioral Intentions dengan Moderasi Prior Experience pada Industri Airline: Studi Kasus Pelita Air Services
Industri maskapai penerbangan di Indonesia memiliki kondisi yang kompetitif. Sebagai perusahaan jasa, pada era globalisasi saat ini perlu untuk selalu beradaptasi memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar agar dapat bersaing. Penelitian ini mengambil objek penelitian maskapai Pelita Air Services di Indonesia dengan melihat apakah dimensi service quality yang meliputi tangible features, service reliability, quality of personnel, convenient flight schedule, dan online ticketing service berpengaruh terhadap passenger satisfaction penumpang dan mendorong behavioral intention seperti intention to recommend dan intention to repurchase pada kelompok penumpang low-experience passenger dan high-experience passenger. Desain penelitian menggunakan metode konklusif deskriptif dengan metode kuantitatif menggunakan metode self-administered questionnaire dengan Google Form. Sampel penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik snowball sampling dan judgemental sampling. Cakupan geografis pengumpulan responden berada di seluruh wilayah Republik Indonesia dan terdapat 276 responden berusia 17-60 tahun dan memiliki pengalaman menggunakan Pelita Air Serives dalam satu tahun terakhir yang berpartisipasi dalam penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dan analisis multigroup (PLS-MGA) menggunakan software SmartPLS serta SPSS. Hasil penelitian menunjukan tangible features, service reliability, quality of personnel, convenient flight schedule, dan online ticketing service berpengaruh positif terhadadap passenger satisfaction. Kemudian, passenger satisfaction berpengaruh terhadap behavioral intention untuk intention to repurchase dan intention to recommend. Terdapat perbedaan signifikan terhadap intention to recommend pada kelompok low-experience passenger dan intention to repurchase pada kelompok high-experience passenger.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
14297 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia., 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Service quality Behavioral intention Passenger satisfaction Multigroup analysis |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | xvi, 135 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |