Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
EVALUASI PENERAPAN STRATEGI
ANTI FRAUD DAN PERANAN AUDIT
INTERNAL PADA PENERAPAN
STRATEGI ANTI FRAUD: STUDI
KASUS BANK B...
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Evaluasi Penerapan Strategi Anti Fraud dan Peranan Audit Internal pada Penerapan Strategi Anti Fraud: Studi Kasus Bank BCD

Aisyah Nadiatul Hikmah - ; Ludovicus Sensi Wondabio (Pembimbing/Promotor) - ; Siti Nurwahyuningsih Harahap (Penguji) - ; Mahdan (Penguji) - ;

Penelitian ini bermula dari besarnya ancaman fraud yang dapat dialami oleh perusahaan manapun, sehingga dianggap sebagai risiko yang melekat pada setiap perusahaan, khususnya industri perbankan. Penelitian dilakukan guna mengevaluasi penerapan strategi anti fraud pada Bank BCD dapat mengurangi kemungkinan terjadinya fraud, dan juga untuk mengevaluasi peranan audit internal pada penerapan strategi tersebut sebagai salah satu media deteksi dini yang andal dari perusahaan. Penelitian mengenai strategi anti fraud yang langsung membahas 4 (empat) pilar strategi anti fraud berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 39 Tahun 2019 dalam satu penelitian masih sangat terbatas. Padahal penerapan strategi anti fraud dalam ketentuan POJK Nomor 39 Tahun 2019 mengarahkan Bank dalam melakukan pengendalian fraud melalui upaya-upaya yang tidak hanya ditujukan untuk pencegahan namun juga untuk mendeteksi dan melakukan investigasi serta memperbaiki sistem sebagai bagian dari strategi yang bersifat menyeluruh dalam mengendalikan fraud. Audit Internal juga berperan dalam melakukan pendeteksian, pencegahan, dan pemantauan risiko terjadinya kecurangan serta mengatasi risiko yang terjadi dengan pelaksanaan audit dan investigasi. Perusahaan yang difokuskan dalam penelitian ini adalah Bank BCD, yang merupakan salah satu perusahaan perbankan milik pemerintah daerah yang pernah mengalami kasus fraud penggelapan dana pada tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan menggunakan strategi penelitian berupa studi kasus evaluasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Bank BCD telah menerapkan strategi anti fraud sesuai POJK Nomor 39 Tahun 2019 dan Audit Internal juga sudah menjalankan perannya baik assurance maupun consulting secara efektif pada penerapan strategi anti fraud tersebut. Namun kasus fraud tetap terjadi pada Bank BCD, pada tahun 2021 tercatat sebanyak 5 (lima) dari 6 (enam) kasus fraud disebabkan oleh karyawan tetap. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi anti fraud saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan kesadaran akan pentingnya strategi tersebut oleh setiap tingkat karyawan


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 262/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekFraud
POJK
Audit internal
Anti Fraud Strategy
Anti fraud
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxi, 59 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?