Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
ANALISIS PENGARUH
PELAKSANAAN MENTORING
TERHADAP WORK ENGAGEMENT
GENERASI Z DI INDUSTRI
FAST-MOVING CONSUMER GOODS
(FMCG...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Analisis Pengaruh Pelaksanaan Mentoring terhadap Work Engagement Generasi Z di Industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG): Peran Mediasi Perceived Organizational Support dan Work Meaningfulness

Analysis on the Effect of Mentoring Implementation on Generation Z Employees’ Work Engagement in the Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) Industry: The Mediation Role of Perceived Organizational Support and Work Meaningfulness

Wendy Juan Ardli - ; Putri Mega Desiana (Pembimbing/Promotor) - ; Riani Rachmawati (Penguji) - ; Basuki Muhammad Mukhlish (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan karyawan dalam program mentoring di tempat kerja terhadap work engagement, sekaligus menguji peran mediasi dari perceived organizational support dan work meaningfulness terhadap hubungan antara mentoring dan work engagement. Penelitian ini melibatkan 232 partisipan karyawan Generasi Z (kelahiran 1995-2010) berstatus karyawan tetap dan kontrak dari berbagai perusahaan fast-moving consumer goods (FMCG) di Indonesia. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Temuan penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari pelaksanaan mentoring terhadap perceived organizational support, work meaningfulness, dan work engagement. Penelitian ini juga membuktikan adanya pengaruh positif perceived organizational support dan work meaningfulness terhadap work engagement. Selain itu, perceived organizational support dan work meaningfulness terbukti efektif dalam memediasi hubungan antara mentoring dan work engagement. Penggunaan hasil penelitian ini ditujukan untuk memberikan rekomendasi kepada pemangku kepentingan terkait khususnya dalam optimalisasi program mentoring untuk meningkatkan work engagement. Penelitian ini membahas hubungan antarvariabel dari perspektif karyawan sebagai peserta program mentoring dalam konteks lingkungan kerja perusahaan FMCG di Indonesia.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14318PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekWork engagement
Mentoring
Generation Z
Work Meaningfulness
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxvi, 180 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?