Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH RELIGIUSITAS MUSLIM
TERHADAP BUYING ATTITUDE DAN
PURCHASE INTENTION MAKANAN
HALAL PADA GENERASI X, Y,
DAN Z
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Pengaruh Religiusitas Muslim terhadap Buying Attitude dan Purchase Intention Makanan Halal pada Generasi X, Y, dan Z

The Influence of Muslim Religiosity on Buying Attitude and Purchase Intention of Halal Food in Generation X, Y, and Z

Ahmad Hanif Ichsan - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Imam Salehudin (Penguji) - ;

Pesatnya pertumbuhan jumlah pengikut Islam dunia dan Indonesia berhasil mendorong pertumbuhan industri halal dengan masif. Salah satu industri halal yang turut berkembang adalah pada sektor makanan halal. Sektor ini diperkirakan akan terus tumbuh dari tahun ke tahun yang menunjukan bahwa sektor makanan halal semakin menjanjikan. Sektor makan halal di Indonesia memiliki nilai perbelanjaan yang fantastis. Hal tersebut dibuktikan oleh tingginya permintaan bahan-bahan makanan halal. Tumbuhnya sektor makanan halal dipengaruhi oleh beberapa faktor yang juga menjadi variabel dalam penelitian ini, seperti religiusitas Muslim, purchase intention, dan buying attitude serta dimoderasi oleh perbedaan kelompok generasi X, Y, dan Z. Makanan halal yang dibahas dalam penelitian ini adalah makanan halal secara keseluruhan dan tidak dibatasi oleh satu jenis makanan halal. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan model penelitian yang menggunakan theory of reasoned action (TRA). Penelitian ini melibatkan total 369 responden yang terbagi menjadi tiga generasi, yaitu generasi X, Y, dan Z. Hasil penelitian menunjukan bahwa religiusitas Muslim berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Lalu, purchase intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying attitude. Kemudian, buying attitude memediasi hubungan religiusitas Muslim dengan purchase intention.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14356PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPurchase intention
Halal food
Halal Industry
Muslim Religiosity
Buying Attitude
Generational Cohorts Theory
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 119 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?