Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
THE INFLUENCE OF CREATIVE
PACKAGING DESIGN ON
CUSTOMERS' MOTIVATION TO
PROCESS AND PURCHASE
DECISIONS: STUDY OF MUSIC
AL...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

The Influence of Creative Packaging Design on Customers' Motivation to Process and Purchase Decisions: Study of Music Album Covers

Pengaruh Desain Kemasan Kreatif terhadap Motivasi Pelanggan untuk Memproses dan Keputusan Pembelian: Studi tentang Sampul Album Musik

Alya Syahrani - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Ira Iriyanty (Penguji) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ;

Kemasan produk memiliki peran penting dalam persepsi konsumen dan keputusan pembelian. Dalam konteks musik, sampul album berperan sebagai kemasan produk musik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah desain kemasan yang kreatif pada sampul album musik mempengaruhi motivasi untuk memproses dan keputusan pembelian. Model penelitian ini berfokus pada dampak dari dimensi kreativitas, yaitu divergence dan relevance, terhadap respon konsumen, yang diukur melalui variabel brand attitude dan purchase intention. Curiosity dan motivation to process diselidiki sebagai variabel mediasi. Pendekatan analisis kuantitatif digunakan, dan data dikumpulkan melalui kuesioner online. Ada dua kuesioner terpisah yang didistribusikan untuk meneliti sampul album yang sangat kreatif dan sampul album yang kurang kreatif. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan Software SmartPLS 4. Hasil yang diperoleh dari kedua kuesioner tersebut dibandingkan dan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi brand attitude dan purchase intention pada cover album yang kreatif adalah relevance dan motivation to process. Namun, pada cover album yang kurang kreatif, brand attitude dipengaruhi oleh divergence, relevance, dan motivation to process, sedangkan purchase intention dipengaruhi oleh divergence dan motivation to process


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14410PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekCreativity
Purchase intention
Brand attitude
relevance
Music Album Cover
Divergence
Curiosity
Motivation to Process
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiv, 126 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?