Skripsi
Relationship of Majors and Types of Higher Education’s provider with undergraduate workers opportunity to work in formal sector Analysis of the Results of the August 2021 National Labor Force Survey.
Di tengah persaingan pasar kerja yang ketat, kesempatan bekerja seorang pekerja lulusan sarjana tidak hanya dipengaruhi oleh gelar yang dimiliki, melainkan ada faktor lainnya yang dapat meningkatkan peluang bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan jurusan dan jenis perguruan tinggi sebagai dua modal utama terhadap sektor pekerjaan pekerja lulusan sarjana.Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode logistik biner dengan data yang bersumber SAKERNAS Agustus 2021. Adapun unit analisis penelitian ini merupakan responden pekerja lulusan sarjana yang berusia 23-64 tahun dengan variabel terikat yaitu sektor pekerjaan pekerja sarjana dan asosiasinya dengan variabel bebas yaitu jurusan dan perguruan tinggi setelah dikontrol terhadap faktor lainnya.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa persentase bekerja di sektor formal lebih tinggi pada pekerja sarjana yang berasal dari jurusan Non-Saintek, berasal dari PTN, memiliki pengalaman pelatihan, menggunakan internet, memiliki kendaraaan, berusia 30-54 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan bertempat tinggal di daerah pedesaan. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa probabilitas bekerja di sektor formal dipengaruhi oleh jurusan dan jenis perguruan tinggi setelah dikontrol terhadap pengalaman pelatihan, penggunaan internet, kepemilikan kendaraan, usia, jenis kelamin, dan tempat tinggal.
Call Number | Location | Available |
---|---|---|
14420 | PSB lt.2 - Karya Akhir | 1 |
Penerbit | Depok: Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023 |
---|---|
Edisi | - |
Subjek | Formal sector Graduates Majoring Education provider |
ISBN/ISSN | - |
Klasifikasi | NONE |
Deskripsi Fisik | viii, 55 p. ; diagr. ; 30 cm |
Info Detail Spesifik | - |
Other Version/Related | Tidak tersedia versi lain |
Lampiran Berkas | Tidak Ada Data |