Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PENGGUNAAN
PAYLATER DAN PENGARUHNYA
TERHADAP FINANCIAL
WELL-BEING
TESIS
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Tesis

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Paylater dan Pengaruhnya terhadap Financial Well-being

Karlina Ayu Putri Dhahana - ; Maria Ulpah (Pembimbing/Promotor) - ; Rofikoh Rokhim (Penguji) - ; Arief Wibisono Lubis (Penguji) - ;

Paylater merupakan layanan kredit cicilan dan termasuk ke dalam fintech sektor pembayaran. Saat ini PayLater telah menjadi sebuah tren dikarenakan memungkinkan konsumen melakukan pembelian dengan cara mengangsur dan membayarnya di masa mendatang serta mudah untuk diakses oleh siapapun. Namun pada kenyataanya kemudahan akses serta kepercayaan pada produk fintech tidak hanya memberi manfaat namun juga membawa kecenderungan masyarakat untuk berutang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menggunakan Paylater dan bagaimana dampaknya terhadap financial well-being dari pengguna fitur tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif dimana data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang mencakup 355 responden. Pengolahan data dilakukan dengan model Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengestimasi hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Performance Expectancy, Facilitating Conditions dan Financial Literacy berpangaruh positif secara signifikan terhadap Adoption of Paylater. Selain itu dapat diketahui bahwa Adoption of Paylater dapat memediasi pengaruh Performance Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions secara negatif dan signifikan terhadap Financial Well-being sedangkan Financial Literacydapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Well-being. Namun tidak ditemukan pengaruh yang signifikan dari Social Influence dah Habit terhadap Adoption of Paylater serta Habit terhadap Financial Well-being


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
T 341/23PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitJakarta: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekFinancial literacy
Habit
Performance expectancy
Fintech
Social influences
PayLater
Financial well-being
Facilitating conditions
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxiii, 78 p. ; 30 cm
Info Detail SpesifikTesis
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?