Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
PENGARUH KEPRIBADIAN DAN
RASIONALITAS KONSUMEN
TERHADAP INTENSI PEMBELIAN
PRODUK SECONDHAND FASHION
OLEH GENERASI Z DI I...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Pengaruh Kepribadian dan Rasionalitas Konsumen Terhadap Intensi Pembelian Produk Secondhand Fashion Oleh Generasi Z di Indonesia

The Influence of Personality Traits and Consumer Rationality Towards Intention to Purchase Secondhand Fashion Products by Gen Z in Indonesia

Nurul Azmi Lestari - ; Elevita Yuliati (Pembimbing/Promotor) - ; Sri Rahayu Hijrah Hati (Penguji) - ; Hapsari setyowardhani (Penguji) - ;

Industri fashion memiliki pertumbuhan yang pesat, hingga muncul istilah "fast-fashion". Dari hal tersebut, industri fashion kemudian menjadi penyumbang besar dalam karbon emisi dan air limbah global. Hal tersebut mendorong hadirnya gerakan sustainable fashion untuk mengurangi limbah fashion. Salah satu pendekatan dalam sustainable fashion adalah secondhand fashion. Di Indonesia, fashion diidentikkan dengan generasi Z, yang kini mendominasi populasi di Indonesia. Untuk mendukung gerakan sustainable fashion, perlu dikaji faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian secondhand fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi faktor kepercayaan diri, pengendalian diri, dan innovativeness dalam mempengaruhi intensi pembelian produk secondhand fashion oleh Generasi Z di Indonesia. Penelitan ini dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form ke berbagai sosial media, seperti Instagram, Twitter, Line, dan Whatsapp. Dari total 233 responden, penelitian mendapatkan 205 responden yang memenuhi kualifikasi penelitian, yaitu generasi Z di Indonesia yang belum pernah membeli produk secondhand fashion. Data kemudian diolah menggunakan analisis Covariance Based Structural Equation Model (CB-SEM) dan menunjukkan bahwa self confidence berpengaruh terhadap spending self-control, spending self-control berpengaruh terhadap innovativeness, innovativeness berpengaruh terhadap intention to purchase secondhand fashion, serta innovativeness berperan sebagai mediator dari pengaruh spending self-control terhadap intention to purchase secondhand fashion.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14451PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekPurchase intention
innovativeness
Gen Z
Consumer Self-Confidence
Secondhand fashion
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxii, 72 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?