Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
TESTING FACTORS INFLUENCING
IMPULSIVE BUYING INTENTION
IN TIKTOK LIVESTREAM
SHOPPING AMONG GEN Z IN
INDONESIA: A STIMULU...
SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2023
Request Access

Skripsi

Testing Factors Influencing Impulsive Buying Intention In TikTok Livestream Shopping Among Gen Z In Indonesia: A Stimulus-Organism-Response (SOR) Perspective

Menguji Factor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Di TikTok Livestream Shopping Antar Gen Z Di Indonesia: Perspektif Stimulus-Organism-Response (SOR)

Raihan Sadira - ; Ira Iriyanty (Pembimbing/Promotor) - ; Karto Adiwijaya (Penguji) - ; Tengku Ezni Balqiah (Penguji) - ;

Seiring teknologi dan internet yang terus tumbuh dan berkembang, hal itu mengubah cara pembeli dan penjual terlibat di pasar, salah satunya melalui inovasi social commerce livestream shopping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada livestream shopping dengan menggunakan perspektif SOR. Sampel penelitian ini adalah pengguna Gen Z Indonesia yang pernah menonton livestream shopping melalui TikTok live shop untuk menguji 5 (lima) hipotesis. Pengumpulan data primer dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara online melalui purposive sampling. Total responden yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah 259 dan data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modelling dengan menggunakan software SmartPLS 4. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor stimulus lingkungan yaitu Convenience dan Playfulness berpengaruh positif terhadap persepsi Perceived Enjoyment. Selanjutnya, Perceived Enjoyment sebagai mediator berpengaruh positif terhadap niat pembelian impulsif partisipan. Sedangkan, Demand dan Interactivity berpengaruh tidak signifikan terhadap Perceived Enjoyment. Perceived Enjoyment memediasi hubungan positif antara Convenience dan Playfulness, sedangkan Demand dan Interactivity memediasi hubungan yang tidak signifikan. Temuan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber untuk perbaikan dan kemajuan belanja livestream di bidang terkait.


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
14482PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Studi Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2023
Edisi-
SubjekSocial commerce
Impulsive buying
TikTok
Live Streaming
Perceived Enjoyment
SOR
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikxv, 130 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?