Logo

Pusat Sumber Belajar FEB UI

  • FAQ
  • Berita
  • Rooms
  • Bantuan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Inggris Bahasa Indonesia
  • Search
  • Google
  • Advanced Search
*sometimes there will be ads at the top, just scroll down to the results of this web
UNIVERSITAS INDONESIA
MANAJEMEN LABA UNTUK TUJUAN
PAJAK : DETERMINAN, METODE,
DAN PENGARUHNYA TERHADAP
NILAI PASAR PERUSAHAAN
DISERTASI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
2012

Disertasi

Manajemen Laba untuk Tujuan Pajak : Determinan, Metode, dan Pengaruhnya terhadap Nilai Pasar Perusahaan

Samingun - ; Sidharta Utama (Pembimbing/Promotor) - ; Lindawati Gani (Penguji) - ; Hendang Tanusdjaja (Penguji) - ; Djoni Hartono (Penguji) - ; Hilda Rossieta (Penguji) - ; Dwi Martani (CoPromotor) - ; Sylvia Veronica N.P. Siregar (CoPromotor) - ; Roy Sembel (Penguji) - ;

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dan metode
yang dipakai dalam melakukan manajemen laba untuk tujuan pajak, serta pengaruhnya
terhadap nilai pasar perusahaan. Sebagai proksi dari manajemen laba untuk tujuan pajak
digunakan sanksi pajak yang terdapat pada catatan atas laporan keuangan. Berbeda
dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang menggunakan book-tax gap sebagai
proksi manajemen laba untuk tujuan pajak, penelitian ini menggunakan sanksi pajak
sebagai proksi manajemen laba untuk tujuan pajak.
Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur selain industri rokok yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2003 – 2008. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor ukuran perusahaan, kompensasi manajemen, pertumbuhan
perusahaan dan probabilitas deteksi terbukti secara signifikan mempengaruhi
manajemen laba untuk tujuan pajak dan sesuai dengan yang dihipotesiskan, sedangkan
faktor proporsi komisaris independen, penghasilan kena pajak dan indeks persepsi
korupsi secara signifikan mempengaruhi manajemen laba untuk tujuan pajak, akan
tetapi arahnya berbeda dengan yang dihipotesiskan. Faktor kepemilikan keluarga,
kepemilikan institusional, perusahaan multinasional, keberadaan komite audit, kualitas
auditor eksternal, leverage, dan pertumbuhan ekonomi nasional tidak mempengaruhi
manajemen laba untuk tujuan pajak.
Dalam melakukan manajemen laba untuk tujuan pajak, perusahaan lebih mengandalkan
aktivitas riil atau aktivitas operasional perusahaan. Manajemen laba untuk tujuan pajak
yang dilakukan oleh perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai pasar perusahaan


Ketersediaan

Call NumberLocationAvailable
D 544PSB lt.2 - Karya Akhir1
PenerbitDepok: Program Pasca Sarjana Studi Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia 2012
Edisi-
SubjekEarnings management
Market value
Firm’s size
Real activity
ISBN/ISSN-
KlasifikasiNONE
Deskripsi Fisikx, 186 p. ; diagr. ; 30 cm
Info Detail Spesifik-
Other Version/RelatedTidak tersedia versi lain
Lampiran BerkasTidak Ada Data

Pencarian Spesifik
Where do you want to share?